Bojonegoro Siaga Darurat Kekeringan

BOJONEGORO, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Jawa Timur, menetapkan siaga darurat kekeringan di musim kemarau berdasarkan instruksi BMKG Karangploso, Malang, yang menetapkan kemarau di daerah setempat pada Juni.

“Status siaga darurat kekeringan kami tetapkan hari ini dengan mengacu instruksi yang dikeluarkan BMKG Malang terkait siaga darurat kekeringan,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bojonegoro MZ. Budi Mulyono, di Bojonegoro, Selasa (5/6).

Pemkab, lanjut dia, mengeluarkan surat yang disampaikan kepada seluruh camat, dinas, juga jajaran pemkab terkait kewaspadaan menghadapi kemarau berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Malang.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Malang, bahwa kondisi cuaca di daerahnya pada Juni untuk curah hujan 0-20,21-50 mm, bawah normal 31-50 milimeter, dan 51-84 milimeter.

Sedangkan Juli 0-20 milimeter,21-50 meter, bawah normal 51-84 milimeter, normal 85-115 milimeter dan pada Agustus 0-20 milimeter, bawah normal 0,30 milimeter, dan 51-84 milimeter.

“Pada Juni di Bojonegoro memiliki nilai curah hujan rendah dengan kemungkinan hujan intensitas ringan selama kurang lebih 10 hari dalam satu bulan,” kata dia menjelaskan.

Menurut dia, pada Juli memiliki nilai curah hujan rendah dengan kemungkinan hujan intenstias ringan selama kurang lebih 10 hari dalam satu bulan. Pada Agustus memiliki nilai curah hujan rendah dengan kemungkinan hujan intensitas ringan selama kurang lebih 10 hari dalam satu bulan.

“Data prakiraan cuaca itu bisa dimanfaatkan jajaran pemkab untuk menyesuaikan programnya masing-masing. Misalnya dinas pertanian bisa menyesuaikan pola tanam tembakau yang tepat,” ucapnya.

Hanya saja, menurut dia, sampai saat ini belum ada daerahnya yang mengajukan permintaan air bersih karena daerahnya mengalami kekeringan musim kemarau.

“Sampai saat ini belum ada desa yang mengajukan permintaan air bersih, sebab kemarau tahun ini cenderung basah,” ujarnya.

Kepala BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo, sebelumnya, menjelaskan pemetaan daerah yang rawan mengalami kekeringan dilakukan dengan mengacu data kekeringan yang melanda daerahnya tahun lalu.

“Perkiraan kami ada permintaan air bersih daerah yang mengalami kekeringan akhir Juni,” ucapnya. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....