Warga Desak Pabrik Semen Indonesia di Rembang Segera Dioperasikan

0
169
semen indonesia rembang
Pabrik Semen PT Semen Indonesia di Rembang, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

REMBANG – Warga daerah ring I pabrik PT Semen Indonesia di Rembang meminta Presiden RI Joko Widodo segera meresmikan pabrik semen itu agar jelas beroperasinya dan tidak terkatung-katung.

Kapan ndang diresmikno. Ben cetho, ra samar-samar (kapan segera diresmikan, biar jelas dan tidak samar-samar, red.),” kata tokoh masyarakat Desa Timbrangan, Achmad Achid, di Kabupaten Rembang, Rabu (20/9).

Setidaknya ada lima desa yang masuk ring I Pabrik Semen Rembang, yakni Desa Tegaldowo, Timbrangan, Pasucen, dan Kajar di Kecamatan Gunem, serta Desa Kadiwono di Kecamatan Bulu, Rembang.

Achid mengakui sudah sering mendapatkan pertanyaan dari banyak orang tentang manfaat yang didapatkan dari pembangunan Pabrik Semen Rembang, khususnya bagi warga sekitar lokasi pabrik.

“Lha manfaatnya saking banyak sekali. Bahkan, sebelum berdiri pabrik (pabrik dibangun, red.), warga pun sudah merasakan manfaatnya. Apalagi, kalau pabrik sudah resmi beroperasi nantinya,” katanya.

Dwi Joko Supriyanto, tokoh masyarakat Desa Tegaldowo membenarkan keinginan warga di ring I Pabrik Semen Rembang agar pabrik semen itu segera diresmikan sehingga bisa lebih merasakan manfaatnya.

“Kan tidak hanya bekerja di pabrik, tetapi warga bisa berwirausaha, industri kecil. Dari pabrik semen juga sudah memberikan pelatihan bagi warga, seperti pembuatan ‘snack’, dan sebagainya,” katanya.

Menurut dia, warga di desa ring I Pabrik Semen Rembang sampai sekarang juga masih adem ayem meski di Jakarta kabarnya ada demo, dan sebagainya, termasuk yang berkembang di media sosial.

“Dilihat saja sendiri. Masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa. Mau di medsos ramai atau bagaimana, tidak peduli. Yang jelas, warga pengen Pabrik Semen Rembang segera diresmikan,” katanya.

Ibarat orang yang berpacaran sudah lama, kata dia, tetapi hubungan itu tak kunjung diresmikan dalam perkawinan sehingga wajar jika masyarakat di desa ring I Pabrik Semen Rembang berharap segera diresmikan.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
KPU

KPU: Verifikasi Caleg Akan Diselesaikan Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia menyatakan bakal menyelesaikan verifikasi administrasi calon anggota Legislatif (Caleg) DPR RI pada Sabtu (21/7) malam hari...

Gempa Sumbar Sebabkan 12 Rumah Rusak

AROSUKA, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sumatera Barat mencatat sebanyak 12 rumah mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala...
Gempa

Solok dan Dharmasraya Juga Rasakan Gempa Padang

PADANG, SERUJI.CO.ID - Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter yang menguncang kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB juga dirasakan di Solok...

Masyarakat Berlarian ke Luar Rumah Saat Terjadi Gempa di Padang

PADANG, SERUJI.CO.ID- Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) kembali menguncang kota Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (21/7) pukul 14.58 WIB setelah sebelumnya kota itu...
gempa

Gempa Sumbar Tewaskan Satu Orang

PADANG, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Lubuk Silasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, bernama Bustami (63) meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumahnya...