Warga Desak Pabrik Semen Indonesia di Rembang Segera Dioperasikan

0
119
semen indonesia rembang
Pabrik Semen PT Semen Indonesia di Rembang, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

REMBANG – Warga daerah ring I pabrik PT Semen Indonesia di Rembang meminta Presiden RI Joko Widodo segera meresmikan pabrik semen itu agar jelas beroperasinya dan tidak terkatung-katung.

Kapan ndang diresmikno. Ben cetho, ra samar-samar (kapan segera diresmikan, biar jelas dan tidak samar-samar, red.),” kata tokoh masyarakat Desa Timbrangan, Achmad Achid, di Kabupaten Rembang, Rabu (20/9).

Setidaknya ada lima desa yang masuk ring I Pabrik Semen Rembang, yakni Desa Tegaldowo, Timbrangan, Pasucen, dan Kajar di Kecamatan Gunem, serta Desa Kadiwono di Kecamatan Bulu, Rembang.

Achid mengakui sudah sering mendapatkan pertanyaan dari banyak orang tentang manfaat yang didapatkan dari pembangunan Pabrik Semen Rembang, khususnya bagi warga sekitar lokasi pabrik.

“Lha manfaatnya saking banyak sekali. Bahkan, sebelum berdiri pabrik (pabrik dibangun, red.), warga pun sudah merasakan manfaatnya. Apalagi, kalau pabrik sudah resmi beroperasi nantinya,” katanya.

Dwi Joko Supriyanto, tokoh masyarakat Desa Tegaldowo membenarkan keinginan warga di ring I Pabrik Semen Rembang agar pabrik semen itu segera diresmikan sehingga bisa lebih merasakan manfaatnya.

“Kan tidak hanya bekerja di pabrik, tetapi warga bisa berwirausaha, industri kecil. Dari pabrik semen juga sudah memberikan pelatihan bagi warga, seperti pembuatan ‘snack’, dan sebagainya,” katanya.

Menurut dia, warga di desa ring I Pabrik Semen Rembang sampai sekarang juga masih adem ayem meski di Jakarta kabarnya ada demo, dan sebagainya, termasuk yang berkembang di media sosial.

“Dilihat saja sendiri. Masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa. Mau di medsos ramai atau bagaimana, tidak peduli. Yang jelas, warga pengen Pabrik Semen Rembang segera diresmikan,” katanya.

Ibarat orang yang berpacaran sudah lama, kata dia, tetapi hubungan itu tak kunjung diresmikan dalam perkawinan sehingga wajar jika masyarakat di desa ring I Pabrik Semen Rembang berharap segera diresmikan.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Febri Diansyah

KPK Imbau Masyarakat Aktif Laporkan Indikasi Korupsi Program Pertanian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau masyarakat proaktif melaporkan indikasi tindak pidana korupsi program pertanian. "Kalau terjadi dugaan penyimpangan tentu harus dipertanggungjawabkan," kata...

Polisi Riau Amankan 723 Botol Bir Berbagai Merek

KUANTAN SINGINGI, SERUJI.CO.ID - Tim Polres Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mengamankan sebanyak 723 botol bir berbagai merek dari sebuah toko di kawasan Sungai...

Disambut Antusias Mahasiswa Indonesia, Anies Minta Didoakan Tetap Istiqomah

ISTAMBUL, SERUJI.CO.ID - Dalam kunjungan kerjanya ke Turki, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan masyarakat dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di...

TNI Kembali Evakuasi Tiga Guru dari Aroanop Mimika

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - TNI AD yang tergabung dalam Satuan Tugas Terpadu Penanganan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali mengevakuasi sebanyak 13 guru SD dari...
Tri Rismaharini

Risma Minta Dinsos Cek Kesehatan Keluarga Korban HIV

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta dinas sosial setempat mengecek kondisi keluarga atau tiga orang anak yang hidup sebatang kara karena...