Dishub Bantul Tertibkan Parkir di Tepi Jalan

BANTUL, SERUJI.CO.ID– Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengendalikan penyelenggaraan parkir kendaraan tepi jalan di beberapa ruas jalan daerah ini selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

“Untuk antisipasi kemacetan di jalur utama maupun wisata saat arus mudik dan balik Lebaran, personel Dinas Perhubungan (Dishub) akan mengawasi dan mengendalikan parkir tepi jalan umum,” kata Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Sabtu (26/5).

Beberapa ruas jalan di daerah ini yang berpotensi terjadi kemacetan arus kendaraan pada saat Lebaran, di antaranya Jalan Parangtritis atau jalur wisata pantai, Jalan Srandakan, dan Jalan Wonosari Piyungan yang merupakan jalur utama.

Pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan parkir di ruas jalan tersebut akan ditempatkan personel perhubungan untuk mengatur agar parkir kendaraan di tepi jalan tidak menggunakan badan jalan.

“Di Jalan Parangtritis itu penyelenggaraan parkir ada di kawasan sentra kulit Manding, kemudian di Jalan Srandakan di kawasan Pasar Mangiran, kemudian di Jalan Wonosari itu ada di kawasan Bukit Bintang Piyungan,” katanya.

Selain itu, kata dia, ada beberapa titik, terutama di kawasan wisata, yang kegiatan parkir perlu dikendalikan, yaitu di kawasan Pantai Parangtritis, sentra kerajinan gerabah Kasongan, dan kawasan wisata Mangunan Dlingo.

“Di titik-titik yang berpotensi terjadi kemacetan arus dan penyelenggaraan parkir itu akan didirikan poskotis dan penempatan personel. Dalam ketugasan selama arus mudik dan balik Lebaran, Dishub mengerahkan 150 personel,” katanya.

Selama penyelenggaran arus mudik dan balik Lebaran, Dishub juga mempersiapkan jalur utama maupun jalur alternatif di Bantul dan melakukan pemantauan pada titik rawan kemacetan di Kabupaten Bantul.

“Dishub juga mempersiapkan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan pada jalur utama selama penyelenggaraan Angkutan Lebaran,” katanya.

Pemantauan pada ruas jalan wisata, dilakukan di sejumlah titik menuju kawasan wisata, seperti di Parangtritis, Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus di Dlingo, dan Bukit Bintang di Piyungan.(Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER