Kota Banjar Pecahkan Rekor Jahit Bendera Merah Putih Sepanjang 3,3 Kilometer


KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Banjar bersama TNI, Polri, dan masyarakat Kota Banjar melaksanakan pemecahan rekor nasional menjahit bendera merah putih terpanjang se Indonesia. Bendera dengan panjang mencapai 3,3 kilometer dijahit di perbatasan provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, Kamis, (16/8).

Sebanyak 6.600 orang yang terdiri dari anggota Polres Banjar, Kodim 0613 Ciamis, pelajar, unsur Forkopimda, PNS dan elemen masyarakat berkumpul di sepanjang Jalan Siliwangi. Mereka datang dengan membawa jarum dan benang untuk menjahit kain merah putih sepanjang 3,3 kilometer.

Bendera tersebut nantinya akan dibentangkan sepanjang Jalan Siliwangi, dari perbatasan Provinsi hingga ke kantor Walikota Banjar.

“Tujuan utama acara ini untuk menggelorakan semangat merah putih yang di wariskan para pejuang, mempertahankan kesatuan dan persatuan Republik Indonesia,” kata Kapolres Banjar AKBP Matrius pada awak media, Kamis (16/8).

Menurut Matrius, bendera tersebut akan menjadi bendera merah putih terpanjang yang pernah dijahit di Indonesia, yang sebelumnya diketahui pernah ada sepnajang 3.000 meter.

“Prosesi menjahit bendera ini mengandung arti menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme. Pesannya, perjuangan mengibarkan bendera merah putih ini tidaklah mudah,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih menuturkan, penjahitan kain merah putih ini memiliki makna spirit kebangsaan.

“Dulu Ibu Fatmawati istri Bung Karno menjahit bendera sendiri, perjuangan pahlawan kala itu, ingin berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” tutut Ade Uu.

Menurut Wali Kota, menjahit merah putih ini sebagai wujud gotong royong.

“Di era milenial ini spirit perjuangan mengacu pada semangat gotong royong, dalam menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya. (Degum/Hrn)

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Masa Bakti Dewan Pendidikan 2014-2019 Berakhir, Pemkot Surabaya Buka Rekrutmen

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan bahwa proses rekrutmen akan dimulai dengan pendafatran yang dilakukan secara daring (online) mulai hari ini, Selasa (18/2) hingga Jumat (28/2) mendatang.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

TERPOPULER

close