Kota Banjar Pecahkan Rekor Jahit Bendera Merah Putih Sepanjang 3,3 Kilometer

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Banjar bersama TNI, Polri, dan masyarakat Kota Banjar melaksanakan pemecahan rekor nasional menjahit bendera merah putih terpanjang se Indonesia. Bendera dengan panjang mencapai 3,3 kilometer dijahit di perbatasan provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, Kamis, (16/8).

Sebanyak 6.600 orang yang terdiri dari anggota Polres Banjar, Kodim 0613 Ciamis, pelajar, unsur Forkopimda, PNS dan elemen masyarakat berkumpul di sepanjang Jalan Siliwangi. Mereka datang dengan membawa jarum dan benang untuk menjahit kain merah putih sepanjang 3,3 kilometer.

Bendera tersebut nantinya akan dibentangkan sepanjang Jalan Siliwangi, dari perbatasan Provinsi hingga ke kantor Walikota Banjar.

“Tujuan utama acara ini untuk menggelorakan semangat merah putih yang di wariskan para pejuang, mempertahankan kesatuan dan persatuan Republik Indonesia,” kata Kapolres Banjar AKBP Matrius pada awak media, Kamis (16/8).

Menurut Matrius, bendera tersebut akan menjadi bendera merah putih terpanjang yang pernah dijahit di Indonesia, yang sebelumnya diketahui pernah ada sepnajang 3.000 meter.

“Prosesi menjahit bendera ini mengandung arti menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme. Pesannya, perjuangan mengibarkan bendera merah putih ini tidaklah mudah,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih menuturkan, penjahitan kain merah putih ini memiliki makna spirit kebangsaan.

“Dulu Ibu Fatmawati istri Bung Karno menjahit bendera sendiri, perjuangan pahlawan kala itu, ingin berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” tutut Ade Uu.

Menurut Wali Kota, menjahit merah putih ini sebagai wujud gotong royong.

“Di era milenial ini spirit perjuangan mengacu pada semangat gotong royong, dalam menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya. (Degum/Hrn)

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close