Polisi Bubarkan Demo Peringatan Trikora, 13 Orang Diamankan

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Polres Jayapura Kota membubarkan massa yang mengatasnamakan Solidaritas Persatuan Rakyat Papua Barat yang demo dan bertindak anarkis di Perumnas III dan Waena Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Rabu (19/12).

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas saat dimintai keterangan mengatakan, pihaknya terpaksa membubarkan massa lantaran mereka tak mengantongi izin untuk menggelar aksinya.

Selain itu polisi juga melakukan razia atas kendaraan yang mereka bawa dalam aksinya.

“Kami melakukan patroli dan razia karena sudah ada selebaran yang beredar dan memang tidak ada izin. Kami juga melakukan imbauan agar massa pulang, kalau tidak kami bubarkan paksa,” jelas Gustav R. Urbinas, Rabu (19/12) sore.

Pantauan SERUJI di lokasi, sebelumnya massa yang bertindak anarkis sempat melakukan pelemparan terhadap rumah warga dan membakar mobil bekas di tengah jalan alternatif Perumnas III, Jayapura.

Setelah polisi menguasai keadaan. kata Gustav, pihaknya mengamankan 13 orang dan 38 sepeda motor yang tak dilengkapi surat-surat, satu diantaranya adalah sepeda motor curian yang diamankan di Polsek Abepura.

“13 orang yang diamankan, rinciannya 11 orang diamankan di wilayah Expo Waena dan 2 orang diamankan di Perumnas III,” terangnya.

Menurutnya, mereka yang ditahan akan diintrogasi pihak kepolisian, jika tak terlibat pidana maka akan dipulangkan.

“Begitu juga dengan dua pelaku curanmor dan mereka yang membawa senjata tajam akan diproses sesuai hukum,” pungkasnya.

Sebelumnya, beredar selebaran yang mengatasnamakan kelompok “Solidaritas Persatuan Rakyat Papua Barat” mengajak warga Papua untuk terlibat dalam aksi hari ini, Rabu (19/12) dalam rangka memperingati 57 tahun Trikora (Tri Komando Rakyat).

Kelompok tersebut menilai Trikora merupakan awal pemusnahan rakyat Papua. (Faisal N/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

The SOMAD Power

Pengabdian Tragis Dahlan Iskan!

Dua kali hari Kartini saya mendapatkan kado sedih. Pertama saat Ibu saya tercinta meninggal dunia dalam usia 52 tahun, 21 April 1994.

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

TERPOPULER

Mengenal Karbohidrat Rafinasi dan Bahayanya Bagi Tubuh

Menikmati sebungkus keripik kentang sambil menonton film memang menyenangkan. Tapi awas! jangan terlalu banyak. Ada bahaya mengintai di setiap gigitannya.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy