Polisi Bubarkan Demo Peringatan Trikora, 13 Orang Diamankan

0
66
  • 8
    Shares
Massa membakar mobil bekas di jalan alternatif Perumnas III, Jayapura, Rabu (19/12/2018). (foto:Faisal/SERUJI)

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Polres Jayapura Kota membubarkan massa yang mengatasnamakan Solidaritas Persatuan Rakyat Papua Barat yang demo dan bertindak anarkis di Perumnas III dan Waena Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Rabu (19/12).

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas saat dimintai keterangan mengatakan, pihaknya terpaksa membubarkan massa lantaran mereka tak mengantongi izin untuk menggelar aksinya.

Selain itu polisi juga melakukan razia atas kendaraan yang mereka bawa dalam aksinya.

“Kami melakukan patroli dan razia karena sudah ada selebaran yang beredar dan memang tidak ada izin. Kami juga melakukan imbauan agar massa pulang, kalau tidak kami bubarkan paksa,” jelas Gustav R. Urbinas, Rabu (19/12) sore.

Pantauan SERUJI di lokasi, sebelumnya massa yang bertindak anarkis sempat melakukan pelemparan terhadap rumah warga dan membakar mobil bekas di tengah jalan alternatif Perumnas III, Jayapura.

Setelah polisi menguasai keadaan. kata Gustav, pihaknya mengamankan 13 orang dan 38 sepeda motor yang tak dilengkapi surat-surat, satu diantaranya adalah sepeda motor curian yang diamankan di Polsek Abepura.

“13 orang yang diamankan, rinciannya 11 orang diamankan di wilayah Expo Waena dan 2 orang diamankan di Perumnas III,” terangnya.

Menurutnya, mereka yang ditahan akan diintrogasi pihak kepolisian, jika tak terlibat pidana maka akan dipulangkan.

“Begitu juga dengan dua pelaku curanmor dan mereka yang membawa senjata tajam akan diproses sesuai hukum,” pungkasnya.

Sebelumnya, beredar selebaran yang mengatasnamakan kelompok “Solidaritas Persatuan Rakyat Papua Barat” mengajak warga Papua untuk terlibat dalam aksi hari ini, Rabu (19/12) dalam rangka memperingati 57 tahun Trikora (Tri Komando Rakyat).

Kelompok tersebut menilai Trikora merupakan awal pemusnahan rakyat Papua. (Faisal N/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU