Polisi Bubarkan Demo Peringatan Trikora, 13 Orang Diamankan


JAYAPURA, SERUJI.CO.ID – Polres Jayapura Kota membubarkan massa yang mengatasnamakan Solidaritas Persatuan Rakyat Papua Barat yang demo dan bertindak anarkis di Perumnas III dan Waena Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Rabu (19/12).

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas saat dimintai keterangan mengatakan, pihaknya terpaksa membubarkan massa lantaran mereka tak mengantongi izin untuk menggelar aksinya.

Selain itu polisi juga melakukan razia atas kendaraan yang mereka bawa dalam aksinya.

“Kami melakukan patroli dan razia karena sudah ada selebaran yang beredar dan memang tidak ada izin. Kami juga melakukan imbauan agar massa pulang, kalau tidak kami bubarkan paksa,” jelas Gustav R. Urbinas, Rabu (19/12) sore.

Pantauan SERUJI di lokasi, sebelumnya massa yang bertindak anarkis sempat melakukan pelemparan terhadap rumah warga dan membakar mobil bekas di tengah jalan alternatif Perumnas III, Jayapura.

Setelah polisi menguasai keadaan. kata Gustav, pihaknya mengamankan 13 orang dan 38 sepeda motor yang tak dilengkapi surat-surat, satu diantaranya adalah sepeda motor curian yang diamankan di Polsek Abepura.

“13 orang yang diamankan, rinciannya 11 orang diamankan di wilayah Expo Waena dan 2 orang diamankan di Perumnas III,” terangnya.

Menurutnya, mereka yang ditahan akan diintrogasi pihak kepolisian, jika tak terlibat pidana maka akan dipulangkan.

“Begitu juga dengan dua pelaku curanmor dan mereka yang membawa senjata tajam akan diproses sesuai hukum,” pungkasnya.

Sebelumnya, beredar selebaran yang mengatasnamakan kelompok “Solidaritas Persatuan Rakyat Papua Barat” mengajak warga Papua untuk terlibat dalam aksi hari ini, Rabu (19/12) dalam rangka memperingati 57 tahun Trikora (Tri Komando Rakyat).

Kelompok tersebut menilai Trikora merupakan awal pemusnahan rakyat Papua. (Faisal N/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah dan Ruang Publik Inkusif

Saya sendiri berpendapat bahwa dasar negara Republik Indonesia Pancasila sudah sangat memadai sebagai kesepakatan bersama menuju tatanan bernegara yang demokratik sekaligus mewadahi religiusitas inklusif dari segenap warga negara Indonesia termasuk didalamnya mayoritas ummat Islam.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close