Klaim Belum Dibayarkan BPJS, RSU Bahteramas Mengadu ke Wagub


KENDARI, SERUJI.CO.ID – Manajemen profesional yang selama ini diterapkan pihak Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas, Kendari, Sulawesi Tenģgara (Sultra), terancam. Pasalnya utang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tak kunjung dibayarkan meski sudah berulangkali ditagih.

“Terus terang utang BPJS itu cukup besar, dan kami sudah sering menagih sejak Mei lalu, tapi sampai sekarang tak kunjung dilunasi. Padahal kami butuh banyak uang untuk mengendalikan kegiatan rutin, termasuk membayar obat, gaji karyawan dan biaya operasional lainnya,” kata Direktur RSU Bahteramas dr Yusuf Hamra kepada Wagub Sultra H Lukman Abunawas sesaat usai gunting pita peresmian beberapa ruang pelayanan baru RSU Bahteramas, Kendari, Senin (17/12).

Menurut Yusuf Hamra akibat utang BPJS Kesehatan yang tak kunjung dilunasi sejak Mei lalu, muncul banyak permasalahan baru, diantaranya terbatasnya stok obat, juga tak terpenuhinya target pencapaian pendapatan.

Masalah terbatasnya stok obat berdampak langsung ke pasien sehingga pelayanan RSU sempat dikeluhkan masyarakat.

Untung saja, kata Yusuf Hamra, jajaran karyawan dan segenap tenaga dokter RSU Bahteramas tergolong bagus pengabdiannya sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap lancar dan dipuji masyarakat

Menanggapi penjelasan Yusuf Hamra tersebut, Wagub Sultra mengingatkan semua pihak, termasuk masyarakat dan pihak BPJS Kesehatan agar mendukung kegiatan RSU Bahteramas dalam melancarkan pelayanan kesehatan.

“Masalah kesehatan adalah persoalan berat daerah ini sejak beberapa tahun lalu. Karenanya, masalah kesehatan menjadi salah satu dari lima program utama 100 Hari Gubernur Sultra,” kata Wagub Lukman Abunawas kepada wartawan di RSU Bahteramas, Selasa (18/12).

Ruang pelayanan baru yang diresmikan Wagub Sultra meliputi ruang opname, ruang operasi, dan ruang hemodialisis. Sebelum memiliki ruang hemodialisis, pasien dari daerah Sultra yang terkena gangguan ginjal dan harus menjalani cuci darah harus berobat di Makassar atau rumah sakit lainnya di Jawa. (AH/SU05)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, Ketua DPD Kumpulkan Kadin Provinsi se Indonesia

“Saya sengaja mengumpulkan para ketua umum Kadin provinsi, karena hari ini kita menghadapi masalah serius di sektor dunia usaha dan dunia industri," kata La Nyalla

Kontroversi Omnibus Law, Fahira: Wujud Frustasi Pemerintah atas Kemendegkan Ekonomi

Omnibus Law RUU Cipta Kerja (sebelumnya Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka) dinilai sebagai bentuk rasa frustasi pemerintah atas kemandegkan ekonomi yang terjadi lima tahun belakangan ini.

Masa Bakti Dewan Pendidikan 2014-2019 Berakhir, Pemkot Surabaya Buka Rekrutmen

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan bahwa proses rekrutmen akan dimulai dengan pendafatran yang dilakukan secara daring (online) mulai hari ini, Selasa (18/2) hingga Jumat (28/2) mendatang.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi
close