Cegah Kebakaran Hutan, Polisi Hambau Lewat Spanduk Berbahasa Daerah

SUMBA TIMUR, SERUJI.CO.ID – Antisipasi kebakaran hutan yang sering terjadi di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Sumba Timur melakukan pemasangan spanduk dengan memakai bahasa daerah.

Pemasangan spanduk yang dilakukan Pores Sumba Timur melalui Satuan Binmas berupa himbauan kepada masyarakat pedalaman untuk menghindari kebakaran hutan yang terjadi di berbagai tempat di Sumba Timur yang bersumber dari pembakaran lahan kering.

“Pemasangan spanduk ini kita gunakan dengan tulisan bahasa daerah, supaya masyarakat lebih cerna dengan bahasanya berupa himbauan,” kata Kepala Satuan Binmas Polres Sumba Timur, Iptu I Ketut Suardana saat dikonfirmasi, Ahad (11/3).

Menurutnya, antisipasi kebakaran hutan ini dilakukan sebelum terjadinya musim kemarau, sebab pada musim kemarau masyarakat di pedalaman mulai membakar lahan yang berimbas pada hutan lindung.

Ia menjelaskan, kebakaran hutan memiliki dampak yang besar karna dapat merusak habitat yang ada dalam hutan tempat hidupnya satwa liar, belum lagi dampak terjadinya longsor dan banjir di pedalaman.

“Jadi himbauan kami melalui spanduk yang bertuliskan bahasa daerah mudah-mudahan masyarakat pedalaman dapat memahaminya, inipun buat kita semua, jika dilihat dapat mengganggu kesehatan manusia dan secara ekonomi dapat merugikan daerah dan negara,” pungkasnya. (Habibuddin/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Anda ASN Yang Terpaksa Harus Bercerai? Simak Prosedur Yang Harus Dilalui

Anda seorang ASN dan sedang mengalami masalah rumah tangga yang berujung perceraian? Simak proses percerain ASN berikut, apa yang harus dilakukan dan kewajiban apa yang muncul.

Orang-Orang Merdeka

Sejak media menjadi industri, informasi dan berita harus tunduk pada kepentingan pemilik modal, dan erubahlan wartawan hanya sebagai alat produksi semata

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER