SBSI 1992: May Day Tak Harus Turun ke Jalan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 menilai perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) tidak harus dilakukan dengan turun ke jalan dan berdemontrasi.

Ketua Umum SBSI 1992 Sunarti di Gedung Dewan Pers Jakarta, Selasa (1/5), mengatakan organisasinya justru menggelar diskusi atau rekreasi sebagai kegiatan melawan arus dalam merayakan May Day.

“Saya sebagai Ketua Umum SBSI 1992 meminta kepada seluruh anggota untuk mengadakan diskusi atau rekreasi. Bukan tidak peduli perjuangan dan perkembangan yang ada tapi kami hanya ingin ambil perbedaan,” katanya.

Sunarti mengatakan pihaknya ingin mengubah pola pikir para buruh untuk tidak selalu turun ke jalan dalam merayakan hari buruh. Diskusi yang membangun, menurut dia, akan lebih bermanfaat ketimbang aksi penuh teriakan.

Ia juga ikut menyoroti Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang banyak disuarakan kaum buruh. Namun, ia menilai ada atau tidaknya aturan tidak akan mengubah keadaan tentang membanjirnya TKA di Indonesia.

“Perpres 20 kalaupun dicabut juga pasti akan tumbuh lagi dengan aturan baru. Sebelum adanya Perpres itu juga TKA sudah banyak datang. maka kami ingins ekali duduk bersama dengan pemerintah mengenai hal itu,” katanya.

Guna menghadapi pasar global, menurut Sunarti, buruh Indonesia harus bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pemerintah juga diminta untuk bisa terus menghidupkan balai pelatihan kerja untuk meningkatkan kualitas buruh.

“Kita harus bisa menangkal tantangan global soal pasar bebas. Toh TKA mau ditolak juga tetap harus kita hadapi. Jadi mari siapkan diri,” pungkasnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER