Pisang dan Pepaya Jadi Unggulan Petani Lebak

LEBAK, SERUJI.CO.ID – Komoditas pisang dan pepaya menjadikan sentra unggulan petani Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sehingga mampu memasok kebutuhan permintaan pasar Tangerang dan Jakarta.

“Kami memperkirakan produksi pisang dan pepaya hingga puluhan ton per hari dengan nilai perguliran hingga miliaran rupiah,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak Dede Supriatna di Lebak, Rabu (16/5).

Produksi komoditas pisang dan pepaya, selain dipasok ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak juga ke luar daerah.

Bahkan, setiap hari angkutan truk dari berbagai kecamatan melintasi jalan Rangkasbitung-Cileles-Leuwidamar dan Rangkasbitung-Cikande menuju Tangerang dan Jakarta.

Pemerintah daerah mendorong komoditas pisang dan pepaya ditingkatkan mutu dan kualitas agar bisa bersaing pasar.

Di samping juga setiap tahun program penyaluran bantuan benih digulirkan kepada kelompok-kelompok tani.

“Kami berharap komoditas unggulan petani itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya menjelaskan.

Menurut Dede, saat ini permintaan pisang dan pepaya california cenderung meningkat menjelang bulan suci Ramadhan.

Produksi tanaman hortikultura itu hampir tersebar di 28 kecamatan, bahkan petani pepaya california di Kecamatan Warunggunung sibuk melayani bandar penampung dari luar daerah.

Pepaya califonia di sini cukup diminati pasar karena tanamanya organik tanpa menggunakan pupuk kimia.

Kelebihan organik itu, selain rasanya manis juga buahnya tebal juga tidak terkontaminasi zat kimia.

“Hampir sebagian besar petani di sini mengembangkan pepaya california,” katanya menjelaskan.

Yana (45) seorang petani di Blok Kanaga Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak mengatakan pihaknya kini bisa memenuhi permintaan Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang sebanyak lima ton per tiga hari.

Tanaman pepaya california miliknya sudah panen tiga kali produksi.

“Kami menanam pepaya california seluas empat hektare dan menghasilkan pendapatan Rp35 juta per bulan,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER