Fahira: Rumah DP Nol Rupiah Adalah Hasil Kekuatan Keberpihakan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Akhirnya salah satu janji kampanye Anies Baswaden-Sandiaga Uno yang paling ditunggu-tunggu saat Kampanye Pilkada Jakarta 2017 yaitu mewujudkan affordable housing (hunian yang terjangkau) sebagai salah satu kebutuhan pokok warga Jakarta lewat Program DP Nol Rupiah terealisasi.

Walau program ini sempat dicemooh bahkan dianggap mustahil oleh orang awam, politisi, bahkan pengamat, tetapi karena kuatnya keberpihakan kepada warga Jakarta yang punya mimpi mempunyai rumah di atas lahan ibukota, program Rumah DP Nol Rupiah yang dianggap tidak mungkin ini bisa direalisasikan.

“Bagi pemimpin yang berpihak, tidak ada yang tak mungkin. Makanya yang paling penting bagi seorang pemimpin adalah keberpihakan. Kalau sudah berpihak maka akan terbuka jalan untuk menepati janji. Rumah DP Nol Rupiah adalah contoh kekuatan keberpihakan pimimpin kepada warganya,” ujar Anggota DPD RI Fahira Idris, di sela-sela kunjungan kerja DPD RI di Denpasar, Bali, Senin (15/10).

Fahira mengungkapkan, memang jika ditinjau dari pembiayaan properti dan regulasi sangat besar tantangan bagi warga DKI Jakarta yang bergaji Rp4 juta rupiah untuk mempunyai rumah sendiri apalagi lokasinya di Jakarta. Itulah kenapa banyak warga Jakarta yang pindah ke berbagai daerah penyangga (Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor) agar bisa mempunyai rumah.

Walau masih harus kesulitan memenuhi uang muka yang biasanya berkisar 20 sampai 30 persen dari nilai properti. Untuk uang muka ini mereka harus menabung bertahun-tahun.

“Tugas pemimpin menyelesaikan hambatan yang dihadapi warga. Rumah DP Nol Rupiah atau sekarang disebut Samawa atau Solusi Rumah Warga meretas semua hambatan yang berpuluh-puluh tahun mengikat kaki, tangan, dan pikiran warga Jakarta untuk punya rumah sendiri. Paradigma mustahil punya rumah di Jakarta dengan gaji ‘pas-pasan’ berakhir sudah,” tukas Senator Jakarta ini.

Fahira mengaku, dirinya lega dan mengucapkan banyak terima kasih dan selamat kepada jajaran Pemprov DKI Jakarta terkhusus kepada Gubernur Anies Baswedan. Selain menolak reklamasi, sambungnya, janji kampanye Rumah DP Nol Rupiah inilah yang selalu menjadi isi kampanye utama yang disampaikan ke warga saat dirinya dulu ikut berkampanye untuk Pasangan Anies-Sandi.

Fahira menjelaskan, Rumah DP Nol Rupiah bukan satu-satunya program Pemprov DKI Jakarta mewujudkan hunian layak dan terjangkau di ibu kota. Terdapat beberapa program lain salah satunya penataan kampung untuk masyarakat miskin lewat Community Action Plan yang mengintegrasikan perbaikan infrastruktur dasar (saluran, infrastruktur air bersih, pengolahan sampah, dan sebagainya), dengan pemberdayaan sosial ekonomi warga kampung dan direalisasikan dengan membangun kampung deret dengan melibatkan warga sejak perencanaan hingga pengelolaan.

“Tugas besar seorang pemimpin adalah menjadikan mimpi rakyatnya menjadi kenyataan dan inilah yang sekarang sedang terjadi di Jakarta,” pungkas Fahira yang juga Calon Anggota DPD RI DKI Jakarta pada Pemilu 2019 mendatang. (SU01)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Bantah Keterangan Polisi, BPK Tegaskan Belum Pernah Audit Dana Kemah Pemuda Islam

Ternyata BPK menyatakan belum ada permintaan audit terkait kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017. Bahkan, BPK pun belum pernah melakukan ekspose terkait dugaan penyimpangan dana atas kegiatan tersebut yang menjerat Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ