Panwaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Bersama Mahasiswa

0
166
Panwaslu Kota Langsa
Ketua Panwaslu Kota Langsa Muhammad Khori (di mimbar) saat membuka acara sosialisasi partisipatif bersama mahasiswa, Sabtu, 11/11/2017. (Foto: Syahrial/SERUJI)

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Langsa melaksanakan pengawasan partisipatif bersama mahasiswa pada Pemilihan Umum DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 mendatang, Sabtu (11/11) di aula Hotel Harmoni.

“Maksud pelaksanaan sosialisasi ini untuk membangun kesadaran politik mahasiswa sebagai kelompok intelektual untuk meningkatkan kualitas demokrasi,” kata Kepala Sekretariat Panwaslu Kota Langsa Muhammad Ikramullah.

Dikatakannya, sosialisasi ini juga bertujuan sebagai salah satu cara untuk memetakan potensi pelanggaran, konflik dan problema lain yang mungkin timbul dalam penyelenggaraan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di tahun 2019.

“Ada sekitar 35 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kota Langsa, sedangkan untuk nara sumber kita libatkan dari pihak Polres Langsa, dosen IAIN Langsa dan Panwaslu Kota Langsa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Langsa M. Khoiri, saat membuka acara menyampaikan, ada beberapa sosialisasi partisipatif yang akan terus dilakukan, namun pihaknya lebih mendahulukan sosialisasi kepada mahasiswa, karena menurutnya segmentasi mahasiswa merupakan komunitas intelektual yang dapat membawa perubahan di tengah masyarakat.

“Sebenarnya ada beberapa segmen untuk kita laksanakan sosialisasi partisipatif, diantaranya mahasiswa, tokoh masyarakat dan OKP, namun kita lebih mendahulukan mahasiswa, mengingat mahasiswa adalah kelompok intelektual yang dapat membawa perubahan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Khoiri berharap agar peserta sosialisasi dapat mengikuti acara tersebut dengan baik sehingga nantinya akan menjadi bekal untuk melakukan pengawasan jika terdapat pelanggaran-pelanggaran pada proses Pemilu. (Syahrial/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prancis juara piala dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018, Setelah Tundukkan Kroasia 4-2

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final Piala Dunia di Stadion Luzhniki Moskow pada Ahad (15/7), untuk membuat mereka mengangkat trofi...

Final Piala Dunia 2018, Prancis Unggul 2-1 Atas Kroasia di Babak Pertama

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis memimpin 2-1 atas Kroasia pada babak pertama final Piala Dunia, setelah tersaji 45 menit pertama yang berlangsung menarik di Stadion Luzhniki,...

Ribuan Warga Kota Langsa Nobar Final Piala Dunia

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ribuan Warga Kota Langsa Nonton Bareng (Nobar) final piala dunia yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa di Lapangan Merdeka Kota...

Pencuri Spesialis Angkutan Daring Berhasil Ditangkap Polisi

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resort Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil menangkap buronan bandit pencurian disertai kekerasan spesialis angkutan daring yang beraksi di jalan lintas...
mahkamah konstitusi

Terdapat 67 Permohonan Sengketa Pilkada Yang Diterima MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat sebanyak 67 permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar pada Ahad (15/7) malam,...