Cak Imin: Muslim Mayoritas Tapi Sebatas Menitip Aspirasi dalam Politik

58
173
Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB yang juga digelari Panglima Santri.

JOMBANG, SERUJI.CO.ID – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyampaikan bahwa ummat Islam Indonesia hidup serba dalam paradoks, di satu sisi dijadikan acuan dunia sebagai model toleransi antaragama dan demokrasi.

Namun di sisi lain, ummat Muslim masih berjuang keras di dalam negeri untuk mengatasi berbagai gesekan akibat begitu pluralnya karakter bangsa ini.

“Jadi panutan, tapi masih ribet dengan diri kita juga,” kata pria yang akrab disapa cak Imin ini dalam Rapat Terbuka Institut Agama Islam Bani Fattah di Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (9/12).

Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB bersama Rektor Institut Agama Islam Bani Fattah di Tambakberas, Jombang, Sabtu (8/12/2017).

Paradoksnya bukan hanya di situ saja, lanjut cak Imin, dalam konteks ekonomi meskipun ummat Islam mayoritas, namun malah minim dalam akses dan kualitas kesejahteraannya.

“Dalam politik juga masih ada paradoks. Kita ini mayoritas yang masih sebatas menitipkan aspirasi, belum yang mengeksekusi keputusan. Nah, kelihatan kan paradoksnya?” lanjut politisi yang digelari Panglima Santri ini.

Peserta yang hadir memberikan sambutan hangat atas apa yang disampaikan cak Imin. Tampak Rektor IAI Bani Fattah KH Abdul Kholiq, Pengasuh Ponpes Bumi Damai Muhibbin Tambak Beras KH Jamaludin Ahmad, dan Pengasuh Ponpes Alwardiyah III Tambak Beras KH Kholiq Mustaqim.

Juga terlihat KH Imam Haromain, Pengasuh Ponpes Putra Sunan Ampel Denanyar dan para pimpinan pondok pesantren lainnya di Jombang. Hadir juga ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Halim Iskandar dan jajaran DPRD Kabupaten Jombang.

Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB diantara wisudawan Institut Agama Islam Bani Fattah di Tambakberas, Jombang, Sabtu (8/12/2017).

Cak Imin juga mengingatkan agar gairah agama yang tengah meluap di negeri ini jangan disalahpahami atau ikut paham yang salah.

“Pelajari agama dari sumber yang menyejukkan, yaitu pesantren NU, kyai NU, gus-gus NU. Insya Allah ilmunya nambah, hati pun adem, nasionalisme tetap kokoh,” ujarnya.

“Namun apa pun keadaannya, kita harus tetap bersyukur bahwa Indonesia saat ini masih aman damai. Di tengah situasi global yang kian panas seperti ini, damai itu mahal, langka. Lihat Syria, Irak, Yaman, Mesir, Jerusalem, bahkan AS sendiri menjadi semakin terancam akibat politik luar negerinya yang provokatif,” kata cak Imin.

Pada kesempatan ini, juga diwisuda 79 santri dan santriwati IAI Bani Fattah oleh Rektor IAI dan jajaran Senat IAI serta para guru besar di institut tersebut. (ARif R/Hrn)

Komentar

BACA JUGA
Penjahat ditangkap

WN Inggris Bawa Ratusan Psikotropika Ditindak Tegas Bea Cukai Bali

KUTA, SERUJI.CO.ID - Warga asal Inggris berinisial ASH (48) yang kedapatan membawa 655 tablet kuning psikotropika golongan IV yang mengandung diazepam dilakukan penindakan tegas oleh...

Departemen Keuangan AS Kritik Keras Aksi Non Pasar China

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID - Pejabat tinggi Departemen Keuangan Amerika Serikat, Rabu (21/2), menyampaikan kritik atas kebijakan ekonomi China yang dituduh "berperilaku non-pasar" serta mengatakan bahwa AS...
banjir

Banjir Bandang Terjang Sejumlah Desa di Bojonegoro

BOJONEGORO, SERUJI.CO.ID - Sejumlah desa di Kecamatan Sukosewu, Dander, Bubulan, dan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diterjang banjir bandang dengan ketinggian air berkisar 0,5-1 meter...

Ganjar Pranowo Kunjungi Korban Banjir Demak

DEMAK, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi para korban banjir di Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Kamis (22/2). Calon gubernur yang berpasangan...
Penjahat ditangkap

Sembunyikan Sabu Dalam Pembalut, Penumpang Pesawat Diamankan

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - EW (41), perempuan penumpang pesawat Air Asia tujuan Kuala Lumpur-Semarang, Jawa Tengah, ditangkap saat diketahui berusaha menyelundupkan 538 gram narkotika jenis sabu-sabu...
loading...
IMG_20180221_224758_367

Apa yang Kau Cari, Fahri Hamzah?

Fahri Hamzah, politisi paling populer tahun-tahun ini. Anggota DPR dari fraksi PKS ini sangat kritis terhadap segala hal yang dianggapnya tidak benar dalam penyelenggaraan...
images (3)

Fahri Vs KPK, Senjata OTT dan JC Ampuh?

Berkali-kali KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), seringkali secara dramatis dan dibesar-besarkan media, layaknya pahlawan. Sayangnya, kebanyakan kelas kabupaten, bukan membongkar sindikat nasional dan...
1_2G1_0QFZyN75nPAxOeD_Lw

Judi dan Kompetisi

Miripkah? Agak. Adilkah? Tidak. Tapi kalau dilihat, kompetisi olahraga itu tidak lebih adil daripada judi. Contoh : tak mungkin tim basket Indonesia menang melawan...