18 Parpol Telah Serahkan Berkas ke KPUD Bukittinggi

0
19
KPU
Kantor KPU bersiap menerima pendaftaran Parpol, di Jakart. (Foto: Achmad/SERUJI)

BUKITTINGGI, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 18 partai politik (parpol) di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, telah menyerahkan berkas keikutsertaan dalam pemilihan umum 2019 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Sesuai jadwal yang telah ditetapkan penyerahan berkas persyaratan oleh parpol dibuka mulai 3 sampai 16 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB, ada 18 parpol yang telah menyerahkan dokumen,” kata Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU setempat, Benny Aziz di Bukittinggi, Selasa (17/10).

Meski dibuka sejak 3 Oktober 2017, hampir semua parpol baru menyerahkan berkas pada tiga hari terakhir jelang penutupan yaitu 14 sampai 16 Oktober 2017.

“Saat ini, tiga dari 18 parpol tersebut masih harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan diberikan waktu selama satu kali 24 jam untuk melengkapi,” katanya.

Parpol lainnya yang tidak menyerahkan berkas ke KPU Bukittinggi selama 3 sampai 16 Oktober 2017 tersebut bukan berarti tidak bisa mengikuti pemilu pada 2019 mendatang.

“Salah satu syarat lulus verifikasi menurut Undang-undang, setiap parpol harus punya kepengurusan di seluruh provinsi. Hal ini mutlak harus ada. Kemudian di satu provinsi, harus ada 75 persen dari kabupaten dan kota,” katanya.

Bila di Sumbar ada 19 kota dan kabupaten, dapat saja suatu parpol tidak memiliki cukup anggota di satu daerah sementara di 18 daerah lainnya mencukupi.

“Bisa saja di Bukittinggi parpol bersangkutan tidak menyerahkan berkas karena memang keanggotaannya di sini tidak mencukupi,” katanya.

Usai masa penyerahan dokumen tersebut, KPU selanjutnya akan melakukan tahap penelitian administrasi mulai 17 Oktober sampai 15 November 2017.

Selanjutnya dilakukan penyampaian hasil penelitian administrasi pada parpol calon peserta pemilu 2019 dan disampaikan informasi mengenai perlu atau tidaknya dilakukan perbaikan kelengkapan dokumen.

Delapan belas parpol tersebut yaitu Perindo, Nasdem, Berkarya, PPP, Gerindra, PKS, PSI, Golkar, Garuda, PDIP, Demokrat, PBB, Hanura, PKB, PAN, PKPI, PIKA dan Idaman. (Ant/SU01)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Danau Lawutung

Eksotis, Danau Lawutung Masih Menyimpan Mistis

SUMBA, SERUJI.CO.ID - Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada...

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...
Pembagian kartu e-tol

Dibuka Awal 2018, Tol Soker Hanya Layani Transaksi Non Tunai

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tol Solo-Kertosono (Soker) mulai dioperasikan pada Januari 2018. Sistem pembayaran tol sepenuhnya akan dilakukan secara nontunai atau menggunakan kartu e-toll. Pembayaran dengan...

KANAL WARGA TERBARU

1

Suami yang Bertanggungjawab

Suami yang Bertanggungjawab Sore itu, saya sedang nemeni anak bermain sambil baca-baca SERUJI . Terdengar suara motor memasuki halaman rumah, sesaat kemudian  seorang bapak-bapak  bicara...
20171119_103818

Empat Cara Mengenali Seseorang dari Akun Sosial Media Miliknya

1. Cara penulisan kata2 2. Cara berkomunikasi dengan orang lain (bahasa) 3. Perilaku bersosmed. Apa aja yg diupload. Membaca eksistensi dan pengakuan yg diharapkan dan diperoleh. 4....
Posyandu

Masuk 10 Besar Kabupaten, Posyandu Dewi Asih Jalani Penilaian Lomba

KLATEN, SERUJI.CO.ID - Posyandu Dewi Asih, Desa Dukuh, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, pada Rabu (25/10), menjalani penilaian lomba Posyandu tingkat Kabupaten. Tim penilai bukan hanya...