Tembakan Salvo Antarkan Pemakaman Pratu Sandi Noviana

0
965
Tembakan Salvo Antarkan Pemakaman Pratu Sandi Noviana di TMP Kusuma Bangsa. Selasa, (13/2)

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID – Jenazah almarhum Pratu Sandi Noviana tiba di rumah duka di dusun Randegan 1 RT.01 RW.05 Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (13/2) dini hari.

Pemakaman Alm. Pratu Sandi Noviana dilaksanakan secara upacara militer dan diiringi oleh tembakan Salvo sebagai penghormatan terakhir kepada prajurit terbaik.

Upacara pemakaman Alm. Pratu Sandi Noviana dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon 14 Grup 1 Kopassus Mayor Inf. Wahyu Yunihartoto.

Dalam sambutannya Komandan Batalyon 14 Grup 1 Kopassus Mayor Inf. Wahyu Yunihartoto mengatakan telah kehilangan prajurit terbaik Indonesia.

“Hari ini kita mengantarkan prajurit terbaik Indonesia yang telah gugur dalam menjalani tugas di Sinak Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Semoga Alm. Pratu Sandi Noviana diterima di sisiNya,” ucap Danyon 14 Parako Group 1 Kopassus Mayor Inf. Wahyu Yunihartoto saat membaca sambutan di pemakaman Alm.Pratu Sandi Noviana, Selasa (13/2).

Dengan pengawalan ketat dari kepolisian dan anggota TNI jenazah Alm. Pratu Sandi Noviana diantar ke pemakaman TMP Kusuma Bangsa di Jalan Husen Kartasasmita, Kota Banjar.

Baca juga: Prajurit TNI Yang Gugur Ditembak Separatis Papua Adalah Putra Banjar

Rekan kerabat dan keluarga ikut menghadiri pemakaman. Isak tangis keluarga dan sahabat pecah saat jenazah dimasukan ke liang lahat.

Pemakaman juga dihadiri oleh Pasimin Kodim 0613 Ciamis Kapten Inf. Enjang Santana, Danramil 1316 Pamarican Kapten Inf. Usep, Danramil 1313 Banjar Mayor Inf. Agung Subakti, Wadanyon 323 Batalion Raider /Kostrad Tri Winarto, Camat Banjar Dedi Suryadi, dan rekan anggota Kopassus.

Untuk menghormati jasa- jasa Alm. Pratu Sandi Noviana, Kopassus menaikkan pangkatnya dari Pratu menjadi Praka (Anumerta).

Diberitakan sebelumnya, Pratu Sandi Novian yang merupakan anggota Tim Khusus (Timsus) Satgasban XV Kopassus Pos Sinak, Papua, tewas ditembak kelompok separatis yang diduga dari Organisasi Papua Merdekan (OPM), Senin (12/2) sekitar pukul 10.00 WITA.

Baca juga: Prajurit TNI Tewas Ditembak Kelompok Separatis Papua

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kol Inf Muh Aidi mengatakan peristiwa bermula saat Pratu Sandi Novian bersama rekan-rekannya ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Namun saat terpisah dari rekan-rekannya, korban diserang sekitar lima anggota kelompok separatis yang sering disebut aparat keamanan sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan menggunakan parang dan pistol hingga terluka, dan akhirnya gugur.

Aidi mengatakan senjata api jenis pistol combat G2 milik Sandi Noviana juga dirampas oleh KKB. (Degum/SU05)

Komentar

BACA JUGA
Febri Diansyah

KPK Periksa Tujuh Saksi Kasus Bupati Kebumen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa tujuh saksi dalam penyidikan terkait tindak pidana korupsi suap pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kebumen...
Taufik Kurniawan

DPR Puji Keputusan Pembatalan Plt Gubernur dari Polri

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan memuji keputusan Menteri Koodinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto yang membatalkan usulan pejabat gubernur Sumatera Utara...

Bhayangkara FC Berharap LIB Segera Lunasi Utang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juara GoJek Traveloka Liga 1 Bhayangkara FC berharap PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera melunasi utang-utangnya kepada semua klub peserta Liga...

Bhayangkara FC Yakin Bermarkas di PTIK Mulai April

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juara GoJek Traveloka Liga 1 2017 Bhayangkara FC merasa yakin bisa bermarkas di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, di Liga...
Febri Diansyah

KPK Perpanjang Penahanan Tersangka Suap RAPBD Jambi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriono, tersangka suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah...
loading...
Al Battani

Penemu Kala Revolusi Bumi Ternyata Muslim

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari pada orbitnya. Revolusi bumi ini bisa terjadi akibat tarik menarik antara gaya gravitasi bumi dengan gaya gravitasi...
IMG-20180222-WA0084

PANWASLU KABUPATEN MESUJI RAKOOR TENTANG PENANGANAN PELANGGARAN PEMILU

Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018, Panwaslu Kabupaten Mesuji mengadakan Rapat Koordinasi dengan peserta Anggota Panwascam Divisi Penindakan dan Divisi SDMO serta 1...
Talonsong

Talonsong

Talonsong, sebuah kata dalam bahasa Minang, yang sering dituturkan ditengah masyarakatnya.  Talonsong, padanannya dalam bahasa indonesia yang tepat adalah terlanjur.  Jika talonsong,  maka semuanya...