Koperasi Kejar : Resolusi Pemilu Jurdil Tanpa Kecurangan IT

Jakarta – Koperasi Jasa Koalisi Ekonomi Jaringan Rakyat (Koperasi Kejar) menuntut Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta untuk melakukan audit terhadap system IT yang digunakan.

“Kami mendesak KPUD untuk melakukan audit dan pemantauan IT terhadap server dan sistem yang digunakan untuk perhitungan suara elektronik. Audit IT dan forensik IT harus dilakukan oleh lembaga/tim independen.” kata Agung Mozin ketua Koperasi Kejar dalam siaran pers yang diterima redaksi Seruji.

Dalam siaran pers yang diberi judul “Resolusi Pemilu Jurdil Tanpa Kecurangan IT”, Koperasi Kejar mendesak KPUD DKI untuk melakukan 3 tahapan audit, yaitu sebelum hari H tanggal 15 Februari, pemantauan saat pemasukan data dan audit forensik  setelah perhitungan.

“Audit IT dan forensik IT harus dilakukan oleh lembaga/tim independen.” tegas Agung.

Untuk mensukseskan agenda audit ini, Koperasi Kejar juga mengajak lembaga lain, Perguruan Tinggi untuk menyuarakan dan mendesak KPUD melakukan audit IT tersebut.

Berikut siaran pers lengkap dari Koperasi Kejar ;

============================

Resolusi Pemilu Jurdil Tanpa Kecurangan IT

Assalamu’alaikum ww

Kepada
KPUD DKI Jakarta

Di Tempat

Kami dari Koalisi IT Muslim Indonesia yg tergabung dlm Koperasi Kejar*dan beberapa lembaga/komunitas yang peduli pemilu Jujur dan Adil mengajukan *Resolusi Pemilu Jurdil Tanpa Kecurangan IT

Kami mendesak KPUD utk melakukan audit dan pemantauan IT terhadap server dan sistem yang digunakan untuk perhitungan suara elektronik. Audit IT dan forensik IT harus dilakukan oleh lembaga/tim independen.

3 tahap audit yang harus dilakukan yaitu: sebelum tgl 15/2, pemantauan saat pemasukan data, dan audit forensik setelah perhitungan.

Audit IT sebelum tgl 15/2 untuk mengukur dan mengetahui tingkat keamanan server dari pengakses yg bertujuan jahat.

Pamantauan saat pemasukan data suara untuk memonitor penyerang/pengakses yang berusaha masuk ke server KPUD.

Dan audit forensik pasca penghitungan untuk melihat tanda-tanda dan jejak-jejak pengakses server.

Kami memgajak kepada lembaga lain, perguruan tinggi untuk menyuarakan dan mendesak KPUD melakukan audit IT tersebut.

Dengan harapan, Pemilu Kada DKI Jakarta yang menyita energi warga DKI bahkan rakyat Indonesia setimpal dengan proses pemilu yang jujur, adil, langsung, umum, bebas, rahasia, terbebas dari kecuranang IT dan kecurangan lainnya yang sering disesalkan pada Pemilu2 sebelumnya.

Wassalamu’alaikum ww.

Agung Mozin
Ketua Umum Koperasi Kejar
Koperasinya IT Muslim

Info via WA:
088219700912
081280408898
081807370969

EDITOR: Harun S

3 KOMENTAR

  1. Sangat tepat. Untuk mewujudkan jurdil memang harus dikawal sisi TI di KPU. Selai itu seharusnya SOP input data jg harus dipublish ke masyarakat agar dapat dinilai seberapa kuat keamanan di sisi SOP karena celah security juga bisa saja dari SOP yang buruk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Blunder

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Apakah ada Perda yang secara khusus disebut “Perda Syariah”, misalnya, Perda Provinsi Banten Nomor 10 Tahun 2018 tentang Syariah? Perda semacam itu tidak ada, dan belum pernah dijumpai di daerah manapun di tanah air kita ini. Demikian pula tentang Undang-Undang Syariah, adakah di negara kita ini? Sepanjang pengetahuan saya, UU seperti itu tidak ada.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.