Inilah Ruas Tol Trans Jawa Yang Digratiskan Sampai Januari 2019

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi meresmikan tujuh ruas Jalan Tol Trans Jawa pada Kamis (20/12). Peresmian tersebut juga sekaligus menandakan bahwa akses dari Jakarta-Surabaya sudah tersambung.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Jokowi yang didampingi antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Dirut PT Jasa Marga Tbk, Desi Arryani.

Selain sudah bisa dilintasi untuk arus libur maupun mudik menyambut Natal dan tahun baru (Nataru), Jasa Marga menggratiskan biaya pada ketujuh ruas tol tersebut selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2019. Jasa Marga menetapkan periode angkutan libur Natal dan Tahun Baru 2019 di jalan tol pada 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

Adapun ketujuh ruas tol yang dimaksud terbagi dalam dua wilayah.

Tiga tol berada di Jawa Tengah, yakni:
1. Tol Pemalang-Batang.
2. Tol Batang-Semarang.
3. Tol Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura.

Sedangkan empat tol berada di Jawa Timur, yakni:
1. Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono
2. Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati
3. Tol Surabaya-Gempol seksi Relokasi Porong-Gempol
4. Tol Jombang-Mojokerto seksi Bandar-Kertosono.

Baca juga: Jakarta-Surabaya Terhubung: Jokowi Selesaikan 616 Km, Sementara SBY Sepanjang 75 Km

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan dari total 1.150 km Tol Trans Jawa, sepanjang 933 Km telah tersambung mulai dari Merak hingga Granti, Pasuruan, Jawa Timur.

“Penyelesaian pembangunan ini melengkapi ruas-ruas jalan tol yang telah dioperasikan pada masa sebelumnya, yakni pada kurun 1978 hingga 2004 sepanjang 242 km jalan tol, serta pada kurun 2005 hingga 2014 sepanjang 75 km,” kata Basuki dalam sambutan di Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12). (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER