Diduga Lakukan Penipuan, Ketua DPRD Samarinda Ditahan Bareskrim Polri

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Bareskrim Polri menahan Ketua DPRD Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Alphad Syarif yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan.

Penahanan terhadap pria yang juga Calon Anggota Legislatif (Caleg) asal Gerindra ini, dilakukan karena dua kali mangkir dari panggilan penyidik.

“Perkara penipuan dengan penggelapan. Ada pelapora, Bereskrim dua kali melayangkan panggilan, tapi yang bersangkutan tidak hadir,” ungkap Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (11/10).

Dijelaskan Setyo, Alphad dilaporkan seseorang bernama Haji Adam Malik ke Bareskrim Polri pada 3 November 2016 dengan surat laporan Nomor LP B 1105/XI/2016/BARESKRIM atas dugaan penipuan dan penggelapan.

Dua kali dipanggil mangkir, akhirnya polisi mencari Alphad ke Samarinda, namun tidak juga ditemukan. Polisi lalu mendapat informasi Alphad berada di Singapura. Saat pulang ke Indonesia lewat Bandara Soekarno-Hatta pada 19 September 2018 pukul 21.00 WIB, Alphad pun ditangkap petugas.

“Penyidik mencari informasi, ternyata yang bersangkutan ada di Singapura. Ketika kembali dari Singapura dilakukan penangkapan. Yang bersangkutan ditahan di Mabes Polri,” jelas Setyo.

Terpisah, Direktur Tipidter Bareskrim Polri, Brigjen Fadil Imran menjelaskan bahwa Alphad Syarif diduga telah melakukan penipuan dan penggelapan terkait janji memenangkan perkara di Pengadilan Negeri (PN).

“Janji memenangkan sengketa di PN. Dijerat pasal penipuan dan penggelapan,” tukas Fadil.

Alpahrd Syarif sebelumnya adalah politisi Golkar waktu menduduki kursi DPRD Samarinda 2014-2019. Namun, ia kemudian mengundurkan diri dari Golkar dan maju kembali dalam pemilihan DPRD Samarinda lewat partai Gerindra. (ARif R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....