[Cek Fakta] Hoaks: Informasi Yang Sebut Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Pendukung 02

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Selepas kejadian penggerebekan lokasi yang diduga sebagai tempat disimpannya surat suara Pemilu 2019 sudah tercoblos di Bangi, Selangor, Malaysia pada Kamis (11/4) kemarin, beredar informasi yang menyebutkan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur, Yaza Azzahara Ulyana adalah pendukung paslon capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Informasi tersebut beredar disertai foto Yaza dan juga sebuah foto yang memperlihatkan pendukung paslon 02 sedang berfoto bersama. Di foto pendukung paslon 02 tersebut, dilingkari wajah seseorang yang disebut sebagai Yaza.

“Keterangannya di TVOne Janggal, Beredar Foto Panwaslu Malaysia Yaza Azzahra Berpose Dua Jari Bersama Relawan 02. Selain itu Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Malaysia, Yaza Azzahra Ulya juga menjadi sorotan netizen karena keterangannya di TVOne soal surat suara tercoblos dinilai janggal. Yazza Azzahra Ulya merupakan mahasiswa S2 Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia, PPI Indonesia,” bunyi informasi yang beredar dan tersebar di berbagai situs.

Disampaikan juga di informasi tersebut, bahwa “Netizen menduga Yaza merupakan pendukung paslon 02. Hal ini dibuktikan dengan adanya foto Yaza berpose dua jari mengenakan baju Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi bersama relawan”.

Foto Yang Disebut Sebagai Yaza adalah Hoaks

Foto Idawati Murdaningrum (dilingkari) pendukung paslon 02, Prabowo-Sandi yang disebut oleh informasi hoaks sebagai Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahra.

Seorang warganet dengan akun facebook Idawati Murdaningrum memberikan klarifikasi sekaligus bantahan bahwa foto yang dituding sebagai Ketua Panwaslu, Yaza Azzahra Ulya, sedang berpose dua jari, salam khas pendukung Prabowo-Sandi, adalah dirinya, bukan Yaza.

Ida menyampaikan bahwa pemberitaan sebuah media online Tribunsantri.com yang menampilkan foto dirinya dilingkari dan menyebut sebagai Ketua Panwaslu Malaysia Yaza Azzahra, adalah hoaks.

“Foto yang dilingkari pada foto Relawan 02 adalah saya. Idawati Murdaningrum. Bukan foto ibu Yaza Azzahra. Adalah benar saya Relawan 02. Saya adalah Anggota Satgas Prasasti Malaysia. Saya dan Ibu Yaza adalah 2 orang yang berbeda. Jadi dengan nyata, tribunsantri telah menyebarkan berita yang tidak benar alias HOAX!” tulis Ida lewat akunnya idawati.murdaningrum, Jumat (12/4).

Ida menyampaikan keberatan atas pemberitaan yang dinilai merugikan dirinya  dan meminta koreksi serta permintaan maaf dari media tersebut.

“Saya meminta tribunsantri.com untuk segera mengkoreksi kesalahan ini, menyampaikan permohonan maaf kepada saya dan pihak-pihak lain yang dirugikan. Koreksi dan permohonan maaf itu harus dimuat di tribunsantri.com dan media lain,” ujar Ida.

Berdasarkan penelusuran SERUJI, media online tribunsantri.com yang dimaksud tidak mencantumkan penanggungjawab atau redaksi dari medianya, serta serta alamat kantor sesuai persyaratan sebuah perusahaan pers berdasarkan Undang Undang Pers.

Berikut Pernyataan Lengkap Idawati Murdaningrum di Akun Facebooknya;

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Olahraga Bagi Penyandang Stroke

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID -...

Israel Kembali Serang Gaza, 10 Tewas

SERUJI.CO.ID - Tentara pendudukan Israel telah melakukan beberapa serangan...

Inilah 4 Jenis Nazhir: Anda Masuk Kategori Manakah?

Oleh: Imam Nur Azis Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2017-2020 SERUJI.CO.ID...

Janganlah Menyebut Nama Rasulullah Muhammad SAW Tanpa Gelar

SERUJI.CO.ID - Memanggil Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wassallam (SAW)...

Menua: Agar Otak Tak Ikut Beruban

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Dalam perjalanan...

Ngotot Pertahankan Mardani Maming sebagai Bendum, Kantor PBNU Bisa Diperiksa KPK

Dengan tidak menonaktifkan, mau tak mau PBNU terkait dengan Mardani yg saat ini buron. Maka jangan salahkan KPK jika nanti dalam proses pencarian Mardani akan memeriksa kantor PBNU.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Segarkan Wajah dengan A I U E O