close

Bendungan Kambaniru Surut, Petani Mulai Khawatir

SUMBA TIMUR, SERUJI.CO.ID – Bendungan Kambaniru di Desa Lambanapu, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) airnya mulai surut, dampak kemarau berkepanjangan. Kondisi ini menjadikan para petani di desa itu mulai khawatir.

Selain dampak kemarau, juga terjadi pendangkalan disekitar bendungan yang mengakibatkan endapan lumpur semakin luas, ini menjadi ancaman bagi para petani di desa Lambanapu. Hal itu di katakan seorang warga desa Lambanapu Dominggus Pura Tara kepada SERUJI, Jumat (5/1).

Ia mengatakan, bendungan Lambanapu, adalah salah satu bendungan terbesar di Sumba Timur dengan aliran air yang tersebar ke ratusan hektar sawah dan kebun petani desa Lambanapu, jika terjadi surutnya air di bendungan itu maka petanipun mengeluh.

“Kami hanya mengharap aliran air dari bendungan itu yang sudah sejak puluhan tahun mengairi sawah dan kebun kami, tahun ini air di bendungan itu mulai surut karena pengaruh kemarau panjang,” ujarnya.


Senada dengan ketua kelompok petani (poktan) desa Lambanapu Marthinus Raga menuturkan, Bendungan Kambaniru sejak  dibangun tahun 1992 terbesar di Pulau Sumba Timur, beberapa tahun terakhir ini airnya mulai dangkal dengan endapan lumpur yang tinggi di sekitar bendungan.

“Jadi surutnya air di sekitar bendungan itu sudah terjadi setahun lalu karena kemarau panjang dan kering menjadikan lumpur itu naik tinggi di sekitar bendungan,” jelasnya.

Dia menambahkan, walaupun air di bendungan mulai surut, petanipun mencoba untuk menanam jagung di sekitar area persawahan karena aliran air sudah terbagi di beberapa area persawahan dan kebun petani sampai dengan musim hujan bulan ini.

“Yah, mudah-mudahan di musim hujan ini air di bendungansudah mulai besar sehingga air kembali mengalir di sejumlah area persawahan dankebun petani,” harapnya. (Habibudin/SU05)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Minta Kasus Kivlan Zen Diselesaikan Secara Hukum, Begini Penjelasan Ryamizard

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan kasus hukum yang menimpa mantan Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen harus diselesaikan secara prosedur hukum.

Puji Ketua MK Anwar Usman, Sandiaga: Pernyataannya Sangat Menggetarkan Hati

Menurut Sandiaga apa yang disampaikan Anwar Usman dinilainya bijak dan sangat menggetarkan hati.

Kominfo Tidak Akan Batasi Akses Medsos Apabila Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan...

350 Personel Polda Jambi Disiagakan Jelang Keputusan Sidang MK

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Demi menjaga situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat...

Anwar Usman Tegaskan MK Bekerja Secara Independen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Majelis Hakim Konstitusi, Anwar Usman...

MK Memulai Sidang PHPU Pilpres 2019 Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum...

TERPOPULER