Zulkifli Hasan Pimpin Deklarasi Implementasi Pendidikan Pancasila

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memimpin Deklarasi Implementasi Pengajaran dan Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018.

Deklarasi diselenggarakan oleh MPR RI bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kaukus Pancasila DPR RI, dan Yayasan Cahaya Guru, di Ruang Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (2/5).

Deklarasi yang diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Festival Pendidikan Pancasila ini, dihadiri oleh pimpinan dan Anggota MPR RI.

Hadir tamu undangan antara lain, pejabat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pimpinan organisasi keagamaan, serta perwakilan 12 sekolah yang mendapat undangan dari MPR RI.

Selain Deklarasi Implementasi Pengajaran dan Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), pada kegiatan Festival Pendidikan Pancasila, juga dilakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang meliputi, Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal ka, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Zulkifli Hasan, selama 20 tahun sejak memasuki era reformasi, mata pelajaran Pancasila di sekolah dasar dan menengah mulai hilang.

Mata pelajaran Pancasila, di sekolah dasar dan menengah, dulu dikenal dengan nama, Civic, Pendididikan Moral Pancasila (PMP), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN).

“Mata Pelajaran Pancasila yang dihilangkan tersebut, tidak baik untuk ketahanan nasional, wawasan kebangsaan, serta untuk pembangunan karakter, bagi pelajar dan pemuda Indonesia,” kata Zulkilfi.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menegaskan, Deklarasi Implementasi Pengajaran dan Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah, sangat penting dalam membangun karakter bangsa dan ketahanan nasional sejak usia dini, di SD, SMP, dan SMA/SMK.

Deklarasi Implementasi Pengajaran dan Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Sekolah Dasar dan Menengah yang bacakan pada kegiatan tersebut, adalah: “Mengingat bahwa sektor pendidikan menjadi kunci pembentukan karakter siswa dan bangsa maka Pancasila beserta nilai-nilainya perlu diajarkan dan diintegrasikan dalam pendidikan dasar dan menengah,” katanya.

Sehingga MPR RI, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kaukus Pancasila DPR RI, dan Yayasan Cahaya Guru bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, organisasi keagamaan, perwakilan sekolah-sekolah, dan masyarakat sipil menyatakan: Pertama, sesuai konstitusi dan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan nasional harus berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Segala bentuk kebijakan pendidikan yang mengatur kurikulum, wajib mencerminkan nilai-nilai Pancasila yang berintikan inklusivitas, dari kebhinnekaan.

Kedua, mendukung Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk berupaya mengajarkan kembali Pancasila dan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam segala kebijakan dan praktik pendidikan di berbagai tingkatan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER