Turki Hapus Pelajaran Evolusi Darwin dari Kurikulum Sekolah

2
124
charles darwin, teori evolusi

ANKARA – Pemerintah Turki dalam rancangan kurikulum pendidikan yang baru melarang sekolah-sekolah mengajarkan teori evolusi Charles Darwin kepada para siswa. Alasannya karena teori tersebut dianggap menuai perdebatan, kontroversial, dan telalu sulit dipahami siswa.

“Kami yakin subyek ini (teori evolusi) jauh melampaui pemahaman para siswa,” kata Kepala Dewan Kurikulum Nasional di Kementerian Pendidikan Turki Alpaslan Durmus, seperti dilaporkan laman The Telegraph, Jumat (24/6).

Durmus menambahkan, satu bab soal evolusi sudah disingkirkan dari buku pelajaran biologi kelas sembilan dan baru akan diajarkan di level universitas.

Menurutnya, keputusan ini cukup tepat. Sebab siswa kelas sembilan tidak diberi pendahulunya untuk mendiskusikan bagian ‘Asal Kehidupan dan Evolusi’ di kelas biologi.

“Bagian ini akan tertunda hingga studi sarjana,” ujar Durmus.

Ia mengatakan, rancangan terkait penghapusan materi tentang teori evolusi Charles Darwin telah diajukan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Sang presiden juga telah menyepakati rancangan tersebut,” kata Durmus.

Bukan itu saja, kurikulum baru nanti juga akan memangkas jam pengajaran materi sekularisme warisan Mustafa Kemal Ataturk.

Perubahan final kurikulum pendidikan Turki akan diumumkan pekan depan setelah perayaan hari raya Idul Fitri.

Sejumlah media massa Turki menyebut, kurikulum baru nanti akan menambah jam pelajaran agama dengan penekanan pada kontribusi ilmuwan Turki dan Muslim dalam sejarah dunia.

“Perubahan ini didasari konsultasi publik yang melibatkan orangtua murid dan masyarakat secara luas,” kata Durmus.

Masalah teori evolusi ini memicu perdebatan awal tahun ini ketika Wakil Perdana Menteri Numan Kurtulmus menyebut teori itu kuno dan tak memiliki bukti kuat. (IwanY)

BAGIKAN
loading...

2 KOMENTAR

  1. Teori evolusi hanya ilusi tidak berdasarkan fakta ilmiah. Teori ini dibangun oleh anti Tuhan untuk menjauhkan dari kesimpulan bahwa semua mahluk adalah diciptakan lengkap sempurna sejak awal.. Sebagai umat beriman saatnya mengembalikan kepemahaman yang hakiki, alam semesta dan semua mahluk didalamnya adalah karya Allah SWT, Sang Maha Pencipta..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Imunisasi

Warga Depok Kesulitan Ingin Dapatkan Imunisasi Difteri

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sejumlah warga di Kota Depok kesulitan ingin mendapatkan imunisasi difteri program imunisasi tanggap kejadian luar biasa kasus difteri di Indonesia atau...
Setya Novanto diperiksa KPK 2

Ahli: Praperadilan Gugur Saat Hakim Membuka Sidang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ahli hukum tata negara dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar menyatakan bahwa sidang praperadilan dapat gugur saat Majelis Hakim membuka...
bike messenger

Bidonesia Harumkan Nama Indonesia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Bidonesia, wadah anak muda yang bergerak dalam layanan pengiriman barang menggunakan sepeda telah mampu berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia dalam berbagai...

KANAL WARGA TERBARU

KH. Luthfi Bashori

Jangan Makan Daging Biawak

Konon, di Mina pada kisaran tahun 1990-an, saat berlangsung ibadah mabit dan lempar Jumrah di musim haji, banyak sekali para pendatang dari berbagai daerah...
Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...