Turki Hapus Pelajaran Evolusi Darwin dari Kurikulum Sekolah

2
217
charles darwin, teori evolusi

ANKARA – Pemerintah Turki dalam rancangan kurikulum pendidikan yang baru melarang sekolah-sekolah mengajarkan teori evolusi Charles Darwin kepada para siswa. Alasannya karena teori tersebut dianggap menuai perdebatan, kontroversial, dan telalu sulit dipahami siswa.

“Kami yakin subyek ini (teori evolusi) jauh melampaui pemahaman para siswa,” kata Kepala Dewan Kurikulum Nasional di Kementerian Pendidikan Turki Alpaslan Durmus, seperti dilaporkan laman The Telegraph, Jumat (24/6).

Durmus menambahkan, satu bab soal evolusi sudah disingkirkan dari buku pelajaran biologi kelas sembilan dan baru akan diajarkan di level universitas.

Menurutnya, keputusan ini cukup tepat. Sebab siswa kelas sembilan tidak diberi pendahulunya untuk mendiskusikan bagian ‘Asal Kehidupan dan Evolusi’ di kelas biologi.

“Bagian ini akan tertunda hingga studi sarjana,” ujar Durmus.

Ia mengatakan, rancangan terkait penghapusan materi tentang teori evolusi Charles Darwin telah diajukan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Sang presiden juga telah menyepakati rancangan tersebut,” kata Durmus.

Bukan itu saja, kurikulum baru nanti juga akan memangkas jam pengajaran materi sekularisme warisan Mustafa Kemal Ataturk.

Perubahan final kurikulum pendidikan Turki akan diumumkan pekan depan setelah perayaan hari raya Idul Fitri.

Sejumlah media massa Turki menyebut, kurikulum baru nanti akan menambah jam pelajaran agama dengan penekanan pada kontribusi ilmuwan Turki dan Muslim dalam sejarah dunia.

“Perubahan ini didasari konsultasi publik yang melibatkan orangtua murid dan masyarakat secara luas,” kata Durmus.

Masalah teori evolusi ini memicu perdebatan awal tahun ini ketika Wakil Perdana Menteri Numan Kurtulmus menyebut teori itu kuno dan tak memiliki bukti kuat. (IwanY)

loading...

2 KOMENTAR

  1. Teori evolusi hanya ilusi tidak berdasarkan fakta ilmiah. Teori ini dibangun oleh anti Tuhan untuk menjauhkan dari kesimpulan bahwa semua mahluk adalah diciptakan lengkap sempurna sejak awal.. Sebagai umat beriman saatnya mengembalikan kepemahaman yang hakiki, alam semesta dan semua mahluk didalamnya adalah karya Allah SWT, Sang Maha Pencipta..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bayi Kembar Siam Asal Ternate Meninggal Dunia

SURABAYA, SERUJI.CO.ID -  Bayi kembar siam asal Ternate, Maluku Utara, Khalisa Soetomo Tjan, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo Surabaya, Jumat (22/6) karena...
Sudrajat-Syaikhu

Jelang Debat Publik Ketiga, Pasangan Asyik Siap Tampil Optimal

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut tiga Sudrajat dan Ahmad Syaikhu atau Pasangan Asyik menyatakan siap tampil optimal pada...
Partai Demokrat

Jelang Pencoblosan, Demokrat Siapkan 81 Ribu Saksi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Ketua DPD Demokrat Jawa Barat Irfan Suryanegara mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 81.000 orang saksi untuk bertugas mengawal proses pencoblosan di tempat pemungutan...
Uang Rupiah

BI Akan Hancurkan Uang Berstempel #2019GantiPresiden

MANADO, SERUJI.CO.ID -  Bank Indonesia (BI) akan menghancurkan uang rupiah berstempel yang marak terjadi saat ini. "BI tidak pernah mengeluarkan uang rupiah yang berstempel ganti presiden...
tenaga kerja asing

Protes Dipekerjakannya TKA, 62 Orang Ditahan Polisi

AFRIKA SELATAN, SERUJI.CO.ID - Polisi Afrika Selatan pada Kamis (21/6) menangkap 62 orang karena menghalangi jalan guna memprotes dipekerjakannya tenaga kerja asing sebagai pengemudi truk. Polisi...