Pengenalan Pendidikan Sejak Dini, Awal Pembentukan Karakter Anak

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, merupakan momen khusus dimana orang tua maupun keluarga mengenalkan dunia pendidikan pada anak sejak dini. Hal ini diungkapkan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia, Jatim Drs. Ichwan Sumadi.

Pentingnya pengenalan dunia pendidikan sejak dini, sebagai pondasi awal untuk membentuk suatu karakter anak melalui hal positif, maka orang tua harus turut bertanggung jawab dalam hal tersebut.

“Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya guru, melainkan tanggung jawab pemerintah, masyarakat dan keluarga,” ujar Ichwan saat dikonfirmasi SERUJI, Rabu (2/5).

Dijelaskan oleh Ichwan, pentingnya membangun pendidikan karakter yang dimulai dari keluarga, karena pondasi awal perlu dimulai dari lingkungan luar sekolah yakni keluarga.

“Ketika pondasi awal karakter anak dimulai dari keluarga, maka pihak pendidik hanya mengembangkan dan menebar pilihan karakter anak tersebut,” terangnya.

Namun jika keluarga besar belum membekali dengan baik, lanjut Ichwan nantinya akan sulit membiasakan melakukan hal baik di sekolah, karena pendidikan harus dimulai sejak dini .

“Pendidikan memang harus dimulai sejak dini, misalnya ketika anak masih didalam kandungan, sudah mengawali proses pendidikan, dalam ilmu kesehatan anak yang masih dalam kandungan sudah didengarkan musik yang merdu mendayu-dayu dan ayat Al-Quran,” ujarnya. (Devan/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER