Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

PURWOKERTO – Raut haru dan bahagia menguar dari wajah Emilia Khomsah Rahmawati beserta keluarganya yang tinggal di rumah sederhana di Desa Cipete, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Kehadiran Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di rumah Emilia, gadis penerima program bidik misi IAIN Purwokerto, Jumat (10/2) menjadikan sore yang cerah itu menjadi milik mereka.

Kedatangan Menag disambut haru Emilia dan keluarganya di beranda rumah dengan fasad bangunannya terbuat dari bilah kayu yang sudah menua. Dalam dialog hangat di ruang dalam rumah yang sempit, Emilia, mahasiswa Fakultas Syariah semester 2 Jurusan Hukum Ekonomi Syariah IAIN Purwokerto menyampaikan kepada Menag rasa syukurnya menerima program bidik misi ini.

“Terimakasih pak Menteri, Emil ingin sekali membantu keluarga dan menyekolahkan keponakan, mohon doanya,” ujarnya terbata-bata. Sembari kuliah, Emilia juga nyantri dan tinggal di Pondok Pesantren An-Najah Banyumas sebagiaman dilansir Pinmas Kemenag.

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

“Oleh karenanya, agar supaya hak sebagai penerima bidik misi ini bisa dipertahankan, maka prestasinya harus terjaga,” pesan Menag.

Menag dalam kesempatan tersebut mengagumi kegigihan Pakde Emilia Mahmud yang bekerja serabutan membuat pesanan mebel kayu dan Budenya Suati Tarisah yang bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan biaya sekolah Emilia yang telah ia asuh sejak kecil sepeninggal ibu dan bibinya.

“Kulo (saya) titip Emi,” harap bude Emilia berkaca-kaca kepada Rektor IAIN Purwokerto A. Luthfi Hamidi.

Ditemani Cimpling Kelapa Muda dan Cimpling Singkong, penganan tradisional khas Banyumas, Menag menyampikan pesan dan harapanya kepada Emilia untuk menjadi orang yang bisa memberi manfaat bagi sekitarnya.

“Nanti Gusti Allah SWT yang akan mentakdirkan kita menjadi apa, namun pasti yang terbaik, kita hanya bisa berdoa kita bisa memberi manfaat dan membantu orang banyak,” pesan Menag.

“Yang penting sekarang adalah prestasinya terus dijaga dan terjaga, jadi betul-betul dalam delapan semester ini kuliahnya harus selesai,” pesan Menag kembali.

Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Purwokerto Saifuddin Asyafii, saat ini di IAIN Purwokerto ada 110 mahasiswa penerima bidik misi. Peserta penerima bidik misi sudah melalui seleksi ketat, diantaranya dengan melihat jejak rekam prestasi calon peserta dan kondisi ekonomi orang tua mahasiswa bersangkutan.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.