MAN 1 Rokan Hilir Buat Terobosan Ujian Nasional

0
11
Siswa SMA/MAN
Ilustrasi Kegiatan Belajar Siswa SMA/MAN. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, membuat terobosan dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) yang bakal digelar pada April dan Mei tahun 2018.

“Terobosan tersebut sudah dimulai sejak Oktober 2017 antara lain menyiapkan mental siswa kelas XII dan uji coba sejumlah materi ujian agar mereka tidak terbebani saat menghadapi UN,” kata Kepala Kepala MAN 1 Rokan Hilir, Rahmawati di Rokan Hilir, Kamis (7/12).

Menurut dia, terobosan dilakukan karena tahun pelajaran 2017-2018 bagi MAN 1 Rokan Hilir perdana melaksanakan UN berbasis komputer atau UNBK.

Ia mengatakan, persipan materi ujian diambil dari sejumlah materi ujian yang pernah diberikan pada tahun penyelenggaraan UN sebelumnya yang sebelumnya siswa disiapkan untuk mampu mengoperasikan komputer untuk UN berbasis komputer itu.

“Jauh hari kita persiapan siswa agar mereka tidak bingung memikirkan antara materi dan mengoperasikan komputer. Selain itu sejumlah materi ujian juga diberikan,” katanya.

Pada tahap berikutnya, siswa akan mengikuti simulasi UNBK tahap 2 yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan.

Melalui tahap-tahap persiapan ini, katanya berharap, siswa bisa menjawab soal dengan maksimal, sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Ia menjelaskan, Ujian Nasional adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

“Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau paper based test (PBT) yang selama ini sudah berjalan,” katanya.

Sebab, katanya, penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline.

Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online. (Ant/SU03)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Cak Imin: Tahun 2018 Akan Banyak Terjadi Kejutan Politik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pemberitaan mengenai pertarungan Pilpres 2019 diprediksi akan mendominasi pemberitaan di tahun 2018. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),...

BKAD Verifikasi Ulang Data Mahasiswa Penerima Beasiswa

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kupang, Nusa Teggara Timur (NTT) akan melakukan verifikasi ulang data para mahasiswa penerima...

Berdayakan Ummat, Bank Muamalat Gandeng Baznas

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - ‎PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan jaringan usaha mikro ritel Z-Mart di Stabat Ibu Kota...

KANAL WARGA TERBARU

tanda tanya

Tak Perlu Dijawab

Bukanlah hal mudah untuk memiliki sikap empati. Apalagi mau melangkahkan kaki menjadi simpati dan beraksi untuk membantu sesama. Ketika kita dalam perjalanan, dalam mobil mewah...
KH Luthfi Bashori

Sejak Dulu, Kaum Yahudi dan Nasrani Berusaha Mempengaruhi Umat Islam

Sy. Ibnu Abbas RA memaparkan bahwa Nu’man bin Qushay, Bahr bin Umar, Syasy bin ‘Adi suatu hari mendatangi Rasulullah SAW dan berbincang-bincang. Lalu beliau...
IMG-20170528-WA0002

Rasulullah saw Tidak Berpoligami

Poligami adalah ajaran islam. Seorang laki-laki boleh memiliki 4 orang istri dalam waktu yang sama. Kalau salah satu istri meninggal, atau diceraikan, si laki-laki...