close

Kepala SD Muhammadiyah 06 Surabaya yang Baru Dilantik, Siapkan Kegiatan Pelatihan PBM

SURABAYA – Hari Kamis (6/7) kemarin menjadi hari yang bersejarah bagi SD Muhammadiyah 06 Gadung, Surabaya, dan SD Muhammadiyah 24 Ketintang, Surabaya. Pasalnya, pada hari itu dua kepala sekolah yang baru di sekolah itu, yang berada di lingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Wonokromo, Surabaya, dilantik secara resmi.

Masing-masing kepala sekolah yang baru itu terpilih setelah mengikuti proses seleksi dan tes kepala sekolah yang dilakukan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya.

Sekretaris PDM Kota Surabaya H.M. Arif An, SH, melantik Munahar, SHI, sebagai Kepala SD Muhammadiyah 6 Gadung, Surabaya, dan Norma Setyaningrum, SPd sebagai Kepala SD Muhammadiyah 24 Ketintang, Surabaya, untuk periode 2017-2021.

Dalam sambutannya, Arif mengatakan, kader-kader terbaik persyarikatan harus ditempatkan di tempat yang layak.


“Tapi ingat, jika sudah diberi amanah harus lebih dalam segala hal, mulai dari loyalitas dan komitmen memajukan amal usaha sebagai proses perwujudan Islam yang berkemajuan,” imbuh Arif dalam sambutannya.

Ia mengakhiri sambutannya dengan parikan. Parikan adalah pantun dalam budaya masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya dan sekitarnya.

“Tuku roti bakar diolesi keju. Kepala Sekolah Pak Munahar pasti maju”. Kemudian disusul pantun, “Cangkruk nang omah akeh kertas. Kepala Sekolah Bu Norma pancen cerdas”.

Memang fenomenal proses pelantikan Munahar ini. Belum ada satu jam setelah dilantik sebagai kepala sekolah, ia langsung tancap gas menyusun rencana kegiatan.

Salah satunya, Kegiatan Pelatihan “Pembelajaran Berbasis Minat” bersama Drs. Ahmad Hariyadi, M.Pd. Tujuan kegiatan adalah untuk men-charge keterampilan mengajar sebagai persiapan tahun pelajaran 2017-2018 yang akan mulai masuk 17 Juli 2017 nanti.

Hal ini penting karena jenis pembelajaran ini (Pembelajaran Berbasis Minat) belum pernah disosialisasikan di Indonesia.

Proses Pembelajaran ini dimulai dengan apa yang diinginkan siswa melalui metode (brainstorming). Ketika siswa sudah berminat terhadap sebuah tema, maka partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran akan semakin aktif, menarik, dan menyenangkan.

“Saya berharap, masuk tahun pelajaran baru ini, bapak/ibu guru telah siap dengan pembelajaran yang baru dan terbarukan, dan ini bagian dari inovasi pembelajaran untuk mewujudkan generasi terbaik di masa yang akan datang,” kata Munahar yang juga Bendahara Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PDM Surabaya.

Perjalanan Munahar sebagai kepala Sekolah juga tidak bisa dipandang sebelah mata selama memimpin SD Muhammadiyah 24. Mulai dari hanya memiliki 60 siswa, se-Surabaya paling kecil (jumlah siswa), se-Jawa timur (sekolah Muhammadiyah) nomor dua paling akhir. Namun, saat ini siswa SD Muhammadiyah hampir mencapai 200. Bahkan tahun ini terdapat kekurangan lokal satu kelas, sehingga belajarnya di masjid.

Ini merupakan catatan prestasi tersendiri bagi seorang yang mengangkat prestise sekolah SD Muhammadiyah 24 menjadi lebih dipercaya masyarakat. (IwanY)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Tolak PPDB Zonasi Yang Tidak Berkeadilan, KOMPAK Siang Ini Geruduk Grahadi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ratusan orang tua yang tergabung dalam...

Kuasa Hukum Jokowi-KH Ma’ruf Siap Hadapi Saksi Dari Pihak Prabowo-Sandi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Tim kuasa hukum Jokowi-KH Ma'ruf Amin...

Sidang Ketiga Sengketa Pilpres 2019 Akan Digelar Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (19/6) pagi...

Wagub Jabar: PPDB Zonasi Upaya Pemerataan Pendidikan

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul...

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).

Persijap Jepara Target Gelar Laga Uji Coba Maksimal Tiga Kali

JEPARA, SERUJI.CO.ID - Tim Persijap Jepara, Jawa Tengah, menargetkan menggelar...

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Dinilai Bermasalah, Warga Surabaya Minta PPDB SMAN Online Dihentikan dan Evaluasi

“Sistem IT untuk seleksi yang dibangun teman-teman ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya -red) ternyata belum siap, belum ada uji coba yang layak, sehingga saat pelaksanaan data pemeringkatannya kacau balau,” ungkap Jospan lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (18/6).