Kepala SD Muhammadiyah 06 Surabaya yang Baru Dilantik, Siapkan Kegiatan Pelatihan PBM

SURABAYA – Hari Kamis (6/7) kemarin menjadi hari yang bersejarah bagi SD Muhammadiyah 06 Gadung, Surabaya, dan SD Muhammadiyah 24 Ketintang, Surabaya. Pasalnya, pada hari itu dua kepala sekolah yang baru di sekolah itu, yang berada di lingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Wonokromo, Surabaya, dilantik secara resmi.

Masing-masing kepala sekolah yang baru itu terpilih setelah mengikuti proses seleksi dan tes kepala sekolah yang dilakukan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya.

Sekretaris PDM Kota Surabaya H.M. Arif An, SH, melantik Munahar, SHI, sebagai Kepala SD Muhammadiyah 6 Gadung, Surabaya, dan Norma Setyaningrum, SPd sebagai Kepala SD Muhammadiyah 24 Ketintang, Surabaya, untuk periode 2017-2021.

Dalam sambutannya, Arif mengatakan, kader-kader terbaik persyarikatan harus ditempatkan di tempat yang layak.


“Tapi ingat, jika sudah diberi amanah harus lebih dalam segala hal, mulai dari loyalitas dan komitmen memajukan amal usaha sebagai proses perwujudan Islam yang berkemajuan,” imbuh Arif dalam sambutannya.

Ia mengakhiri sambutannya dengan parikan. Parikan adalah pantun dalam budaya masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya dan sekitarnya.

“Tuku roti bakar diolesi keju. Kepala Sekolah Pak Munahar pasti maju”. Kemudian disusul pantun, “Cangkruk nang omah akeh kertas. Kepala Sekolah Bu Norma pancen cerdas”.

Memang fenomenal proses pelantikan Munahar ini. Belum ada satu jam setelah dilantik sebagai kepala sekolah, ia langsung tancap gas menyusun rencana kegiatan.

Salah satunya, Kegiatan Pelatihan “Pembelajaran Berbasis Minat” bersama Drs. Ahmad Hariyadi, M.Pd. Tujuan kegiatan adalah untuk men-charge keterampilan mengajar sebagai persiapan tahun pelajaran 2017-2018 yang akan mulai masuk 17 Juli 2017 nanti.

Hal ini penting karena jenis pembelajaran ini (Pembelajaran Berbasis Minat) belum pernah disosialisasikan di Indonesia.

Proses Pembelajaran ini dimulai dengan apa yang diinginkan siswa melalui metode (brainstorming). Ketika siswa sudah berminat terhadap sebuah tema, maka partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran akan semakin aktif, menarik, dan menyenangkan.

“Saya berharap, masuk tahun pelajaran baru ini, bapak/ibu guru telah siap dengan pembelajaran yang baru dan terbarukan, dan ini bagian dari inovasi pembelajaran untuk mewujudkan generasi terbaik di masa yang akan datang,” kata Munahar yang juga Bendahara Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PDM Surabaya.

Perjalanan Munahar sebagai kepala Sekolah juga tidak bisa dipandang sebelah mata selama memimpin SD Muhammadiyah 24. Mulai dari hanya memiliki 60 siswa, se-Surabaya paling kecil (jumlah siswa), se-Jawa timur (sekolah Muhammadiyah) nomor dua paling akhir. Namun, saat ini siswa SD Muhammadiyah hampir mencapai 200. Bahkan tahun ini terdapat kekurangan lokal satu kelas, sehingga belajarnya di masjid.

Ini merupakan catatan prestasi tersendiri bagi seorang yang mengangkat prestise sekolah SD Muhammadiyah 24 menjadi lebih dipercaya masyarakat. (IwanY)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bisa Terima Capres Yang “Ikut” Perayaan Natal, Kenapa Keberatan Jika Hadiah Lomba dari Denny JA?

Karena sifat lomba ini yang sedemikian terbuka, tentu pihak-pihak yang mendukung wacana "NKRI Bersyariah" ini dapat juga menulis pemikirannya dan ikut serta dalam lomba ini. Apalagi jelas-jelas topik yang dilombakan ini adalah MENGUPAS esai yang ditulis Denny JA. Apakah mengupas dalam koteks setuju dengan tesis Denny JA, maupun tidak bersepakat dengannya.

Memaknai Indonesia

Membangun Kembali Budaya Bahari

Penjajah meninggalkan perangkat pelanggengan penjajahan melalui persekolahan. Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bejat, Oknum Guru Meniduri Muridnya Ratusan Kali Bermodal Janji Menikahi

Aksi bejat yang berlangsung sejak tahun 2014 saat Lan masih berusia 14 tahun itu, dilakukan dengan jurus rayuan telah jatuh cinta pada Lan dan berjanji akan menikahi jika Lan telah berusia 18 tahun.

DPR Terima Surat KPK Soal Firli, Gerindra: Aneh Komisioner Lakukan Serangan di Detik-Detik Akhir

"Ini ada ketakutan yang luar biasa terhadap Firli. Penolakan luar biasa kepada Firli kan aneh nah ini lah intinya dalam fit and proper test ke depan kita akan pertanyakan hal-hal yang seperti itu," ungkap Desmond.

Akhirnya, KPAI Cabut Surat Permintaan Penghentian Audisi Bulu Tangkis Djarum

Kesepakatan itu diambil usai pertemuan antara KPAI dengan PB Djarum yang dipimpin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi hari ini di Kantor Kemenpora, Jakarta, hari ini, Kamis (12/9).

Habibie Berpulang dengan Didampingi Anak-Cucu dan Keluarga Dekat

Presiden ke-3 RI Burhanuddin Jusuf Habibie saat wafat di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9), ditemani oleh keluarga dekat termasuk kedua anak dan cucu-cucunya.

Innalillahi, Presiden ke-3 RI BJ Habibie Wafat Pada Pukul 18.05 WIB

Habibie wafat pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto Jakarta Rabu pukul 18.05 WIB, menurut Putra Habibie, Thareq Kemal Habibie.

Perluasan Ganjil-Genap Hari Pertama: Pemprov DKI Klaim Polusi Udara Turun

"Semalam Airvisual telah merilis hasil pengukuran mereka, di mana Jakarta yang sebelumnya ada di peringkat satu atau dua kota terpolusi di dunia, semalam saya lihat di rilisnya sudah turun jadi peringkat ke 9," ujar Syafrin

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Bejat, Oknum Guru Meniduri Muridnya Ratusan Kali Bermodal Janji Menikahi

Aksi bejat yang berlangsung sejak tahun 2014 saat Lan masih berusia 14 tahun itu, dilakukan dengan jurus rayuan telah jatuh cinta pada Lan dan berjanji akan menikahi jika Lan telah berusia 18 tahun.