Hari ini Seluruh SMK di Jawa Timur Selenggarakan UNBK

0
102
Gus Ipul
Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur.

JAKARTA – Ujian Nasional (UN) tahun 2017 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai hari ini, Senin 3 April sampai dengan 6 April 2017 serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Sebanyak 1.327.246 siswa mengikuti UN, dan dari jumlah peserta tersebut, sekitar 88,6 persen atau 1.176.712 siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK).

Jawa Timur menjadi provinsi yang 100 persen SMK di wilayahnya menyelenggarajan UNBK SMK. Selain Jawa Timur, lima provinsi lainnya; Provinsii Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan, juga 100 persen adakan UNBK SMK.

“Pada pelaksanaan hari pertama ujian nasional, izinkan saya menyampaikan salam dan doa kepada anak-anakku pelajar di seluruh tanah air Indonesia, terutama yang sedang menempuh ujian. Saya yakin bahwa pagi ini anak-anak kita mengerjakan ujian dengan segenap kemampuan dan integritas mereka,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 1 Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin (3/4), sebagaimana rilis Humas Kemendikubud.

Mata pelajaran yang diujikan pada pelaksanaan UN hari pertama adalah Bahasa Indonesia. Selanjutnya untuk hari kedua, mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika, dan hari ketiga mata pelajaran Bahasa Inggris, serta hari keempat mata pelajaran yang diujikan adalah teori kejuruan. Sedangkan untuk pelaksanaan UN Susulan, akan dilaksanaan pada tanggal 18 sampai 19 April 2017. Untuk hari pertama ujian susulan yang diujikan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, serta pada hari kedua mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

Satu hari sebelum pelaksanaan ujian nasional, Mendikbud melakukan tinjauan ke tempat penyimpanan dan pengamanan naskah ujian nasional di kantor Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Dari hasil tinjauan tersebut, Mendikbud optimistis naskah terjaga dengan aman, dan tidak akan terjadi kebocoran soal.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf bersama Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman meninjau langsung pelaksanaan UNBK hari pertama di SMKN 8, Jalan Kamboja, Surabaya, Jawa Timur, pagi tadi, Senin (3/4).

Gus Ipul, sapaan Saifullah Yusuf, mengharapkan proses UNBK berlangsung lancar, dan para siswa bisa mengerjakan soal secara mandiri dan jujur.

“Jangan percaya pada jawaban-jawaban yang tersebar di media sosial. Setiap komputer kan soalnya berbeda, yang mengeluarkan soal kan langsung puspendik,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur, Muzaki menyampaikan bahwa Jawa Timur juga merupakan provinsi yang memiliki peserta UNBK SMK terbesar dibanding provinsi lainnya.

“Jatim memiliki tantangan tersendiri karena memiliki jumlah peserta UNBK terbesar dibandingkan daerah lain seperti DKI Jakarta dan DIY,” ujar Ketua Dewan Pendidikan, Muzaki.

EDITOR: Iwan S

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Kemendagri Dukung Ketegasan Kapolri Menjaga Netralitas Polri di Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri menyatakan mendukung ketegasan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam menjaga netralitas Pilkada di Maluku. "Tentu kami 'respect' dan mendukung atas...

Bantah Karena Ketidaknetralan, Polri Enggan Jelaskan Alasan Mutasi Wakapolda Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah mutasi jabatan Brigjen Pol Hasanuddin sebagai Wakapolda Maluku akibat ketidaknetralan Hasanuddin dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan...

Hari Pertama Masuk Kerja, Wali Kota Langsa Pimpin Apel Bersama

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID  - Hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri, Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah memimpin apel bersama dalam rangka halal...

Hari Pertama Masuk Kerja, 100 PNS Malah Bolos

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 100 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran 2018 dinyatakan absen. "Dari...

Akhirnya Basarnas Temukan Pendaki Gunung Gamalama yang Hilang

TERNATE, SERUJI.CO.ID - Tim Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama warga Moya akhirnya berhasil menemukan seorang mahasiswi STIKIP Ternate bernama Rahmi Kadis (21 tahun) dinyatakan...