Bagaimana Berelasi dengan Anak Usia Galau?

0
124
Seminar parenting
Ketua Bidang SDM PW Salimah Sumbar, dr. Fitria Heny (baju ungu), bersama Sekda Kota Sawahlunto, Rovanly Abdams, dan jajaran GOW, serta perwakilan organisasi wanita Kota Sawahlunto jelang acara Seminar Parenting "Bagaimana Berelasi dengan Anak Usia Galau?", Kamis (26/10/2017).

SAWAHLUNTO, SERUJI.CO.ID – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Sawahlunto mengadakan Seminar Parenting dengan tema “Bagaimana Berelasi dengan Anak di Usia Galau?”, pada hari Kamis (26/10), di Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia Pengurus Wilayah Persaudaraan Salimah Sumatera Barat, dr. Fitria Heny, dalam paparannya mengingatkan para orangtua dan guru untuk memperhatikan kata-kata yang disampaikan ke anak.

“Kemudian berikan sugesti positif dan kata-kata yang baik. Karena kata akan masuk ke alam bawah sadar anak sehingga berpengaruh terhadap karakter anak,” paparnya.

Fitria juga menganjurkan para orangtua untuk membiasakan mengungkapkan perasaan cinta ke anak seperti memberikan pelukan, ciuman dan kata-kata sayang.

“Ketika menasehati anak maka buat anak merasa nyaman terlebih dahulu. Baru kemudian sampaikan nasehat. Perhatian posisi duduk, pertama jangan duduk berhadapan tapi duduk agak menyamping. Duduklah sejajar dengan anak sehingga tidak terkesan menggurui. Karena anak ‘usia galau’ sangat anti digurui,” jelasnya.

Seminar yang dihadiri sekitat 400 peserta dari berbagai profesi ini dibuka oleh Walikota Sawahlunto yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Rovanly Abdams.

Rovanly Abdams mengatakan pemerintah daerah sangat menyambut baik acara yang berkaitan dengan parenting seperti ini.

“Tantangan anak usia puber atau dalam seminar ini disebut usia galau sangatlah besar, keluarga memiliki peran penting dalam bimbingan dan perlindungan terhadap anak di usia ini,” katanya.

Seminar ini, lanjutnya, akan memberikan bekal untuk menghadapi anak-anak kita yang sekarang sedang dalam usia galau.

“Kalau anak ‘usia galau’ atau remaja dapat dididik dengan baik, maka diharapkan Kota Sawahlunto menjadi Kota yang maju ke depan. Memiliki generasi yang siap berkarya dan cakap dengan tantangan zaman,” ungkapnya.

Seminar juga dihadiri Penasehat GOW yang juga merupakan Ibu Walikota Sawahlunto, Yenny Ali Yusuf, dan Ketua GOW Kota Sawahlunto, Eka Ismed, yang merupakan Ibu Wakil Walikota Sawahlunto.

Salah satu peserta, Riska, mengatakan bahwa kegiatan seminar seperti ini banyak memberikan manfaat.

“Kami bisa menambah ilmu parenting yang nanti dapat diaplikasikan langsung di rumah atau sekolah,” katanya. (Rory/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Terkait SP3 Kasus Habib Rizieq, Jokowi: Tidak Ada Intervensi Pemerintah

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menegaskan bahwa tidak ada intervensi pemerintah dalam penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus dugaan "chat" berkonten pornografi yang melibatkan...

Kemendagri Dukung Ketegasan Kapolri Menjaga Netralitas Polri di Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri menyatakan mendukung ketegasan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam menjaga netralitas Pilkada di Maluku. "Tentu kami 'respect' dan mendukung atas...

Bantah Karena Ketidaknetralan, Polri Enggan Jelaskan Alasan Mutasi Wakapolda Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah mutasi jabatan Brigjen Pol Hasanuddin sebagai Wakapolda Maluku akibat ketidaknetralan Hasanuddin dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan...

Hari Pertama Masuk Kerja, Wali Kota Langsa Pimpin Apel Bersama

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID  - Hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri, Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah memimpin apel bersama dalam rangka halal...

Hari Pertama Masuk Kerja, 100 PNS Malah Bolos

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 100 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran 2018 dinyatakan absen. "Dari...