Bagaimana Berelasi dengan Anak Usia Galau?

SAWAHLUNTO, SERUJI.CO.ID – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Sawahlunto mengadakan Seminar Parenting dengan tema “Bagaimana Berelasi dengan Anak di Usia Galau?”, pada hari Kamis (26/10), di Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia Pengurus Wilayah Persaudaraan Salimah Sumatera Barat, dr. Fitria Heny, dalam paparannya mengingatkan para orangtua dan guru untuk memperhatikan kata-kata yang disampaikan ke anak.

“Kemudian berikan sugesti positif dan kata-kata yang baik. Karena kata akan masuk ke alam bawah sadar anak sehingga berpengaruh terhadap karakter anak,” paparnya.

Fitria juga menganjurkan para orangtua untuk membiasakan mengungkapkan perasaan cinta ke anak seperti memberikan pelukan, ciuman dan kata-kata sayang.

“Ketika menasehati anak maka buat anak merasa nyaman terlebih dahulu. Baru kemudian sampaikan nasehat. Perhatian posisi duduk, pertama jangan duduk berhadapan tapi duduk agak menyamping. Duduklah sejajar dengan anak sehingga tidak terkesan menggurui. Karena anak ‘usia galau’ sangat anti digurui,” jelasnya.

Seminar yang dihadiri sekitat 400 peserta dari berbagai profesi ini dibuka oleh Walikota Sawahlunto yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Rovanly Abdams.

Rovanly Abdams mengatakan pemerintah daerah sangat menyambut baik acara yang berkaitan dengan parenting seperti ini.

“Tantangan anak usia puber atau dalam seminar ini disebut usia galau sangatlah besar, keluarga memiliki peran penting dalam bimbingan dan perlindungan terhadap anak di usia ini,” katanya.

Seminar ini, lanjutnya, akan memberikan bekal untuk menghadapi anak-anak kita yang sekarang sedang dalam usia galau.

“Kalau anak ‘usia galau’ atau remaja dapat dididik dengan baik, maka diharapkan Kota Sawahlunto menjadi Kota yang maju ke depan. Memiliki generasi yang siap berkarya dan cakap dengan tantangan zaman,” ungkapnya.

Seminar juga dihadiri Penasehat GOW yang juga merupakan Ibu Walikota Sawahlunto, Yenny Ali Yusuf, dan Ketua GOW Kota Sawahlunto, Eka Ismed, yang merupakan Ibu Wakil Walikota Sawahlunto.

Salah satu peserta, Riska, mengatakan bahwa kegiatan seminar seperti ini banyak memberikan manfaat.

“Kami bisa menambah ilmu parenting yang nanti dapat diaplikasikan langsung di rumah atau sekolah,” katanya. (Rory/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER