Pelatih Minta Timnas Basket Putra Konsisten di Final


JAKARTA – Pelatih Tim Nasional bola basket putra Indonesia Wahyu Widayat Jati meminta timnya bermain konsisten di laga final SEA Games ke-29, Malaysia, menghadapi Filipina.

“Saya mau anak-anak bermain konsisten karena di beberapa laga seolah gampang sekali bagi lawan mengejar poin kala kami sudah unggul,” ujar Wahyu ketika dihubungi dari Jakarta, Sabtu (26/8).

Pria yang akrab disapa Cacing itu melanjutkan, sejak laga pertama SEA Games 2017 sampai semifinal kontra Thailand pada Jumat (25/8) yang dimenangkan Indonesia dengan skor 79-74, timnya juga kerap kali bermasalah ketika mengawali pertandingan Wahyu pun mengantisipasi hal itu tidak terjadi lagi saat kontra Filipina yang merupakan timnas bola basket putra terkuat di Asia Tenggara sekaligus penyandang status peraih emas SEA Games sejak tahun 1977.

Filipina hanya sekali gagal meraih emas bola basket putra yaitu pada SEA Games 1979 di Jakarta karena kalah dari Malaysia di final.

“Kami mesti konsisten sebab di beberapa game kerap ‘slow start’,” tutur Wahyu.

Sementara itu di final, Wahyu menyebut timnya akan bermain seperti biasa meski ada strategi yang akan diterapkan, salah satunya pertahanan wilayah atau “zone defense”.

“Mungkin kami akan memakai ‘zone’ dalam ‘defense’,” kata dia.

Pertandingan final cabang olahraga bola basket putra SEA Games ke-29 tahun 2017 di Malaysia, digelar pada Sabtu (26/8), mulai pukul 18.15 WIB. Sebelum laga ini, akan digelar pertandingan Singapura versus Thailand untuk merebut medali perunggu.

Jika berhasil menaklukkan Filipina, Indonesia akan membuat sejarah untuk pertama kali merebut emas bola basket putra SEA Games.

Sebab, seperti disampaikan sebelumnya, Filipina sudah 17 kali meraih emas bola basket putra yaitu sejak SEA Games 1977 di Malaysia sampai SEA Games 2015 di Singapura. Mereka cuma gagal sekali yaitu di SEA Games 1979 di Indonesia karena kalah dari Malaysia di final.

Adapun final basket putra Indonesia versus Filipina di SEA Games 2017 merupakan final ulangan setelah sebelumnya kedua tim juga berjumpa pada final SEA Games 2015 di Singapura di mana Indonesia harus puas meraih perak karena kalah 72-64.

Terakhir, Indonesia dan Filipina kembali bertemu pada Kejuaraan Bola Basket Asia Tenggara SEABA 2017 pada Mei 2017 lalu.

Dalam kompetisi berformat setengah kompetisi atau round robin itu, satu-satunya kekalahan Indonesia terjadi saat melawan Filipina yang menjadi tuan rumah, yaitu dengan skor 97-64.

Filipina yang tidak terkalahkan pun menjadi juara, sedangkan Indonesia menyandang status sebagai tim kedua terbaik. (Ant/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close