Dikalahkan Portugal, Maroko Jadi Tim Pertama yang Tersingkir di Piala Dunia

RUSIA, SERUJI.CO.ID – Gol tandukan kepala kapten Portugal Cristiano Ronaldo membawa timnya menang 1-0 atas Maroko pada pertandingan Grup B Piala Dunia mereka pada Rabu (20/6), sekaligus membawa Portugal memuncaki klasemen grup serta membuat tim Afrika Utara itu menjadi tim pertama yang tersingkir dari turnamen akbar.

Gol keempat Ronaldo di Rusia 2018, menyusul trigolnya saat bermain imbang 3-3 dengan Spanyol, membawa sang juara Eropa mengoleksi empat poin. Iran memiliki tiga poin dan Spanyol satu poin menjelang pertandingan kedua tim itu pada Rabu malam.

Maroko, yang memiliki sejumlah peluang bagus di Stadion Luzhniki namun gagal mengonversinya, tidak memiliki poin setelah mereka juga kalah 0-1 dari Iran dan tidak dapat melaju ke putaran berikutnya.

Meski tampil penuh semangat, Maroko akan menyesali kelengahan lini pertahananan mereka, yang membuat seluruh pekerjaan bagus mereka menjadi tidak relevan.

Mereka lolos ke putaran final tanpa kemasukan gol dalam enam pertandingan, namun justru memilih untuk tidak menempel penyerang paling berbahaya di turnamen ini di kotak penalti ketika Joao Moutinho mengirimkan umpan silang dari tendangan sudut dan Ronaldo mampu menanduk bola dengan sempurna.

Itu adalah gol internasional ke-85nya, membuat ia melampaui rekor penyerang Hungaria Ferenc Puskas, di mana hanya Ali Daei asal Iran yang mengungguli dia dengan 109 gol.

Maroko, pada penampilan perdananya di putaran final dalam rentang waktu 20 tahun, mampu menyatukan kembali kekuatan dan memperlihatkan hal positif di sektor serangan, di mana Hakim Ziyech dan Nordin Amrabat kerap menguasai bol namun Portugal secara umum mampu bertahan dengan baik untuk membatasi bahaya.

Amrabat begitu marah karena tidak mendapatkan penalti setelah berduel dengan Raphael Guerreiro dan segenap anggota timnya juga terbakar emosinya.

Pelatih Herve Renard juga gusar ketika ia meminta peninjauan Video Asisten Wasit (VAR) terhadap insiden itu, yang membuat Amrabat memiliki luka bekas injakan di perutnya yang ia tampilkan agar semua orang dapat melihatnya.

Maroko merupakan tim yang dominan pada babak kedua dan Portugal bersyukur kiper Rui Patricio mampu melakukan penyelamatan fantastis terhadap sundulan Younes Belhanda, sedangkan sepakan Medhi Benatia melambung di atas mistar gawang ketika ia memiliki peluang pada menit ke-60.

Bagaimanapun, Portugal mampu mempertahankan keunggulan dan akan melengkapi penampilan di fase grup dengan melawan Iran, sedangkan Maroko akan berhadapan dengan Spanyol, keduanya dimainkan pada 25 Juni. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.