Labbaikallah dan Pemimpin Muslim

0
275
Jamaah umrah dan sedang mengelilingi Kakbah. (Foto: Firman Arifin/SERUJI)

MADINAH – Kalimat talbiyah, Labbaikallah seringkali diidentikkan dengan amal haji dan umrah saja. Hampir dipastikan jika kita bertanya kepada orang Islam, kalimat talbiyah itu ya haji dan umrah.

Lihatlah di urutan berapa haji itu dalam rukun Islam? Rukun yang kelima atau yang terakhir. Artinya ada 4 rukun sebelumnya yang juga kita tunaikan.

“Saat diminta ibadah semua rukun Islam, maka kita harus menyambutnya dengan Labbaikallah seperti halnya bab haji. Baik itu sahadat, salat, puasa, dan zakat,” begitu nasihat Ustad Mudzoffar kepada jamaah umrah saat perjalanan dari Madinah ke Mekkah, Sabtu  (18/2).

Ada pertanyaan yang menggelitik dalam benak ini saat merenungi nasihatnya. Apakah kalimat talbiyah itu hanya untuk rukun Islam secara leterlek?

Ambil contoh misalnya bab kepemimpinan. Apakah untuk memilih pemimpin yang difirmankan dalam Quran Surat l Maidah 51 dengan Labbaikallah ? Ayat tersebut sudah sangat jelas agar memilih pemimpin yang muslim.

Ternyata umat muslim di Indonesia, terkhusus yang disoroti sekarang ini adalah Pilkada DKI abai akan kalimat talbiyah ini. Mereka dengan berbagai alasan cari pembenaran tentang sikap mereka itu.

Kalau dibaca lagi Al Maidah bukan hanya di ayat 51 saja, tapi coba baca sampai ke belakang. Terdapat ciri-ciri orang munafik dan orang muslim.

Sekarang pilihan ada di kita masing-masing . Maukah menyambut seruan memilih pemimpin dengan jawaban, Labbaikallah? Dari jawaban kita itulah dimana posisi kita berada.

Jika Anda masih berada di pilihan memilih pemimpin nonmuslim, masih ada waktu sebelum tanggal 19 April untuk merubah pilihan. Kami berdoa di depan Kakbah agar Anda diberi hidayah oleh Allah. Labbaikallah!

Tulisan ini pun kami tulis tepat selesai rentetan ibadah umrah tepat di depan Kakbah menjelang Subuh. Semoga doanya kami menggetarkan arsy dan memantapkan pemilih muslim untuk memilih pemimpin muslim.

EDITOR: Rizky

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR Minta Kemenag Beri Penjelasan Terkait Rekomendasi 200 Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Agama menjelaskan terkait kebijakan mengeluarkan rekomendasi 200 nama mubaligh, agar tidak terjadi keresahan di...
operasi pasar

Bulog Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Aparat Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang, Banten, mempersiapkan operasi pasar (OP) sebagai antisipasi lonjakan harga sembako di pasar tradisional dan pusat...

Fitriani Gagal Rebut Angka Pertama Piala Uber Lawan Malaysia

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Pemain Indonesia Fitriani gagal meraih angka pertama bagi tim putri Indonesia, setelah menyerah kepada Soniia Cheah dari Malaysia 21-10, 17-21, 14-21...
tenaga kerja asing

Terkait Serbuan TKA, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

PADANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menanggapi isu maraknya serbuan tenaga kerja asing khususnya dari China dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (21/5), setelah salah...

Dikalahkan Persela Lamongan, Persija Ajukan Protes ke PSSI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta secara resmi mengajukan protes resmi kepada Komisi Disiplin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru terkait kepemimpinan wasit Annas Apriliandi...