Labbaikallah dan Pemimpin Muslim

0
206
Jamaah umrah dan sedang mengelilingi Kakbah. (Foto: Firman Arifin)

MADINAH – Kalimat talbiyah, Labbaikallah seringkali diidentikkan dengan amal haji dan umrah saja. Hampir dipastikan jika kita bertanya kepada orang Islam, kalimat talbiyah itu ya haji dan umrah.

Lihatlah di urutan berapa haji itu dalam rukun Islam? Rukun yang kelima atau yang terakhir. Artinya ada 4 rukun sebelumnya yang juga kita tunaikan.

“Saat diminta ibadah semua rukun Islam, maka kita harus menyambutnya dengan Labbaikallah seperti halnya bab haji. Baik itu sahadat, salat, puasa, dan zakat,” begitu nasihat Ustad Mudzoffar kepada jamaah umrah saat perjalanan dari Madinah ke Mekkah, Sabtu  (18/2).

Ada pertanyaan yang menggelitik dalam benak ini saat merenungi nasihatnya. Apakah kalimat talbiyah itu hanya untuk rukun Islam secara leterlek?

Ambil contoh misalnya bab kepemimpinan. Apakah untuk memilih pemimpin yang difirmankan dalam Quran Surat l Maidah 51 dengan Labbaikallah ? Ayat tersebut sudah sangat jelas agar memilih pemimpin yang muslim.

Ternyata umat muslim di Indonesia, terkhusus yang disoroti sekarang ini adalah Pilkada DKI abai akan kalimat talbiyah ini. Mereka dengan berbagai alasan cari pembenaran tentang sikap mereka itu.

Kalau dibaca lagi Al Maidah bukan hanya di ayat 51 saja, tapi coba baca sampai ke belakang. Terdapat ciri-ciri orang munafik dan orang muslim.

Sekarang pilihan ada di kita masing-masing . Maukah menyambut seruan memilih pemimpin dengan jawaban, Labbaikallah? Dari jawaban kita itulah dimana posisi kita berada.

Jika Anda masih berada di pilihan memilih pemimpin nonmuslim, masih ada waktu sebelum tanggal 19 April untuk merubah pilihan. Kami berdoa di depan Kakbah agar Anda diberi hidayah oleh Allah. Labbaikallah!

Tulisan ini pun kami tulis tepat selesai rentetan ibadah umrah tepat di depan Kakbah menjelang Subuh. Semoga doanya kami menggetarkan arsy dan memantapkan pemilih muslim untuk memilih pemimpin muslim.

EDITOR: Rizky

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

pcc

IAI Bantah Penahanan Apoteker Terkait PCC

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) membantah bahwa penahanan apoteker di Kendari, Sulawesi Tenggara, terkait dengan kasus peredaran penyalahgunaan tablet...
Jazuli Juwaini

Politisi PKS: Ulama dan Umat Islam Adalah Penjaga Pancasila dan NKRI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan bahwa ulama dan umat Islam selama ini telah berperan penting...

Risma Target 700 Tanah Pemkot Tersertifikasi Tahun Ini

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menarget sertifikasi 700 tanah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tahun 2017. Dari jumlah itu, 230 sertifikat...
gunung agung

82 Angkot Gratis Siaga Antar Siswa Pengungsi Gunung Agung

KLUNGKUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 82 unit angkutan kota (angkot) yang beroperasi mengantar jemput siswa dan para pengungsi Gunung Agung secara gratis akan disiagakan Pemerintah...
Nobar G30S/PKI

DPW PAN Jatim Gelar Nobar Film G30S/PKI

SURABAYA - DPW PAN Jatim akan menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI yang dijadwalkan akan digelar di kantot DPW PAN Jatim, pada tanggal 29...

Dr. Ahmad Sofian, SH, MA

Dr. Ahmad Sofian, SH, MA, pakar hukum pidana yang terlahir di Medan, 29 September 1971 ini merupakan seorang pakar hukum yang mempunyai rasa kemanusiaan...