Persatuan Khilafiyah 212, Ulama Terdahulu Indonesia, dan Imam Mazhab

Jutaan Umat Islam di Indonesia berbondong-bondong datang hadir memenuhi seruan ulama-ulamanya dalam Aksi Bela Islam Jilid 3 pada Jum’at, 2 Desember 2016 di Monas untuk menuntut keadilan atas tindakan penistaan Al-Qur’an dan penghinaan ulama oleh Ahok. Semua berkumpul seraya memanjatkan do’a dan Sholat Jum’at berjama’ah terbesar sepanjang sejarah bumi ini ada. Pujian diberikan negara-negara lain untuk Indonesia.

Satu hal yang unik dalam peristiwa bersejarah tersebut, umat Islam Indonesia yang hadir “dipaksa” mengesampingkan khilafiyahnya (perbedaannya) dalam teknis pelaksanaan Sholat Jum’at. Seperti kita ketahui, dua ormas Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah berbeda dalam teknis adzan pada Sholat Jum’at.

Dalam Sholat Jum’at pada 212 tersebut, terjadi penggabungan khilafiyah yang selama ini ada. Adzan dilakukan dua kali yang merupakan ciri khas NU dan setelah sholat, Imam tidak mengkomando untuk membaca Al-Fatihah dan dzikir yang merupakan ciri khas Muhammadiyah, serta ditambah membacakan Qunut Nazilah yang syahdu dipimpin imam. Persatuan khilafiyah benar-benar nyata dan bisa.

Jauh sebelum 212, sebenarnya pernah terjadi persatuan khilafiyah tersebut sudah pernah dicontohkan dua ulama besar dua ormas Islam tersebut. Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta menjadi saksi sejarah tersebut antara Buya Hamka dan KH Abdullah Syafi’i. …NEXT 2

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar Beserta Hal Menarik Lainnya

Salah satu suku di Indonesia yang cukup unik karena konsistensinya menjaga alam dan memegang teguh adat istiadat.