Ulama Mekkah Beri Hadiah Haji Untuk Rifdah Farnidah Sekeluarga, Juara Hifdzil Quran Dunia

1
308
Rifdah Farnidah disambut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (foto: Doc DKI)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Rifdah Farnidah, gadis yang masih belia berusia 22 tahun. Baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara II Musabaqah Hifdzil Quran sedunia. di Yordania.

Hanya Rifdah satu-satunya juara yang bukan berasal dari Timur Tengah. Ia menduduki posisi kedua, setelah juara pertama diraih oleh peserta dari Aljazair.

Rifdah, dari keterangan pembimbingnya Mutmainnah, adalah seorang hafidzah yang mutqin, yakni yang hapal Al-Quran 30 juz keseluruhannya. Tahun lalu ia juara pertama MHQ nasional mewakili DKI Jakarta, kali ketiganya ia raih juara pertama MHQ tingkat nasional

Setelah tiba kembali ke tanah air, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang khusus gadis asal Sumedang ini beserta keluarga dan pembimbingnya untuk hadir di Balai Kota Jakarta dalam acara silaturahmi ulama, Jumat (30/3).

Saat ditengah acara, Anies Baswedan meminta Rifdah untuk membacakan ayat Al Quran ditengah tamu dan undangan. Ia membacakan surah Al Hasyr ayat 18-24.

“Di ruang depan Balai Kota yang usia bangunannya dua abad, di ruang yang tak biasa jadi tempat dilantunkannya Al-Quran, puluhan ulama, habib, ustadz dan ustadzah hening, haru dan khusyuk menyimak lantunan ayat dari suara yang bening. Sebagian kita yang hadir mulai terlihat mengusap butiran air dari matanya,” kata Anies, Jumat (30/3).

Selepas Rifdah melantunkan ayat Al Quran tersebut, seorang ulama dari Mekkah Sheikh Khalid Al Hamoudi, langsung angkat bicara dan mengapresiasi Rifdah, sambil memberikan hadian yang tak disangka.

“Perkenankan saya sampaikan hadiah kepada Rifdah. Kami akan sepenuhnya fasilitasi Rifdah bersama kedua orangtuanya, juga ibu dosen pembimbing Rifdah beserta suaminya, untuk diberangkatkan ibadah haji. Saya akan tunggu dan sambut di Mekkah, di mana Rifdah dan rombongan akan menjadi tamu Allah, dan tamu kehormatan di mata saya,” ujar Sheikh Khalid Al Hamoudi.

Ruangan Balai Kota langsung gemuruh dengan takbir sebagai ucapan rasa syukur.

Selain memberikan hadiah memberangkatkan Haji, Sheikh Khalid Al Hamoudi juga memberikan hadiah lainnya.

“Saya punya dua anak perempuan yang juga hafidzah dan sudah lancar tilawah Quran dalam berbagai qiroat. Kini saya punya tiga anak perempuan, Rifdah saya angkat menjadi anak perempuan saya yang ketiga,” ujar Ulama Mekkah tersebut.

Tak ada hadirin yang tak terharu mendengarnya, puluhan pasang mata menitikkan airnya. Takbir dan tahmid bersahutan. Bangunan kokoh Balai Kota terasa bergetar.

Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) tingkat Internasional diselenggarakan di Yordania selama 6 hari, 19-24 Maret 2018, diikuti oleh 30 negara. Dengan keberhasilan ini, Rifdah menambah daftar penghargaan yang diraihnya.

Gadis yang tanggal 3 juni nanti baru berusia 23 tahun ini sudah 3 kali meraih juara 1 MHQ Nasional. Sebelumnya Rifdah sudah juara 1 MTQ tingkat Nasional JQHNU golongan 5 juz di Kalimantan Barat tahun 2012, juara 1 MTQ Nasional golongan 10 juz di Nusa Tenggara Barat tahun 2016, dan juara 1 MTQ Nasional golongan 30 juz di Kalimantan Barat tahun 2017. (ARif R/Hrn)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...