Malam Lebaran 2017, Pemkab Tanah Datar Gelar Festival Takbiran

0
177
festival takbiran, festival bedug
Festival Takbiran atau Festival Bedug. (Ilustrasi)

BATUSANGKAR – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menggelar Festival Takbiran untuk memeriahkan malam menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah sebagai pengganti takbir keliling.

“Kegiatan malam takbiran keliling sebagaimana tahun sebelumnya tidak kita laksanakan, namun diganti dalam bentuk Festival Takbiran yang dilaksanakan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar,” kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di Batusangkar, dilansir dari Antara, Jumat (23/6).

Ia menyebutkan festival itu akan diisi dengan ceramah keagamaan, zikir bersama, penampilan lagu dan musik religi, serta menabuh bedug sambil bertakbir.

“Karena dipusatkan di satu titik, kita berharap masyarakat dapat ikut serta memeriahkannya,” katanya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Tanah Datar Syahril menyampaikan untuk lokasi shalat Idul Fitri di Lapangan Cindua Mato Batusangkar dengan khatib Ustazd H. Adrian Muis Khatib Saripado dari Kota Padang dengan imam Ustazd H. Alfion.

“Seandainya hari hujan, maka shalat dilaksanakan pada beberapa masjid, di antaranya Masjid Ihsan Batusangkar, Masjid Raya Lantai Batu, Masjid Taqwa Parak Juar, Masjid Alfaizin Pincuran Tujuh, Masjid Hurriyah Malana, Masjid Amaliah Kampung Baru, dan Masjid Muhammadiyah Batusangkar,” katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanah Datar Syukri Iska mengatakan malam takbiran lebih baik dipusatkan di masjid-masjid dan tidak melakukan konvoi kendaraan di jalan raya.

“Semoga tahun ini kita bisa melewati bulan Ramadhan tanpa ada kerusuhan dan keributan, terutama dilakukan pada malam terakhir Ramadhan,” katanya. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU