Malam Lebaran 2017, Jalan Raya di Batam Dipenuhi Mobil Hias Miniatur Masjid

BATAM – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau menggelar pawai takbir Idul Fitri 1438 Hijriah pada Sabtu (24/6) malam.

Sebanyak 153 unit mobil hias dengan berbagai bentuk bernuansa Islami mengikuti pawai takbir keliling jalan-jalan di tengah kota Batam, seperti di pusat bisnis dan perdagangan Nagoya sambil bertakbir merayakan kemenangan.

“Diadakan di pusat kota, Nagoya, karena sudah ditata infrastrukturnya,” kata Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata.

Pawai takbir dimulai dari Simpang Martabak Har Nagoya. Kemudian ke arah Nagoya Plaza Hotel, simpang Apartemen Harmoni. Lalu lurus ke Simpang Irinco dan terus sampai ke Jalan Raden Patah di simpang Polsek Lubukbaja.

Rombongan kendaraan hias kemudian berbelok ke Simpang Indosat lama, Simpang Jam Baloi, dan lurus sampai Simpang Kabil.

Ardi mengatakan, selain sebagai wadah siar agama dan perayaan Hari Raya Idul Fitri, pawai takbir sengaja dikemas untuk menarik perhatian wisatawan manca negara yang menghabiskan liburan di kota itu.

“Ini dikemas sebagai wisata religi,” ujarnya.

pawai takbir, takbir keliling
Aneka mobil hias miniatur masjid yang meramaikan Takbir Keliling Kota Batam

Pawai juga diperlombakan dengan hadiah total Rp40 juta.

Panitia menetapkan kriteria pemenang lomba, yaitu kerapian, desain mobil hias, dan suara takbirannya.

“Penilaian pawai takbir antara lain lafadz dan suara, dekorasi, kerapian dan keserasian, serta kekompakan,” kata Ardi.

Ardi menegaskan suara takbir harus berasal dari peserta langsung, bukan menggunakan alat perekam suara. Peserta diperbolehkan menggunakan berbagai instrumen seperti kendang.

Mobil dihias dengan rancangan bernuansa Islami, namun tingginya tidak boleh melebihi 4 meter dari badan jalan agar tidak mengganggu.

Pawai takbir yang diadakan setiap tahun di Batam itu diikuti perwakilan dari 9 kecamatan di pulau utama, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi masyarakat Islam, serta instansi lain di kota yang berseberangan dengan Singapura itu. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER