Ketika Para Santri Belajar Kehumasan

0
80
Pelatihan kehumasan di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Sidoarjo. (Foto: news.unair.ac.id)

SURABAYA – Para santri dari berbagai pondok pesantren di Sidoarjo merasa antusias dengan materi kehumasan dan protokoler yang disampaikan oleh para pemateri dari Universitas Airlangga (Unair). Buktinya, tak sedikit dari mereka yang mengajukan pertanyaan dan menggali lebih dalam tentang kedua bidang yang saling berkait itu.

Salah seorang santri, Faisal, mengajukan pertanyaan dalam pendidikan dan pelatihan kehumasan dan protokoler, Minggu (19/2), di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Sidoarjo.

“Apakah pekerjaan protokoler dan event organizer itu sama?,” tanyanya.

Aditya Gita Rahmatullah, SPi., staf protokoler Pusat Informasi dan Humas UNAIR, menjawab kedua bidang tersebut memiliki jenis pekerjaan yang sama, yakni mengatur prosesi acara.

“Hanya saja, dalam protokoler ada aturan yang diacu dalam mengatur suatu kegiatan. Jadi, misalnya dalam penataan tempat duduk pun ada landasan aturannya,” tutur Aditya.

Pertanyaan lainnya muncul dari salah satu peserta, Nurahman. Ia bertanya tentang relasi peran protokoler dan kehumasan. Menanggapi pertanyaan tersebut, Aditya menjawab sesuai dengan tugas dan fungsi kehumasan di Unair. Di Universitas ternama ini, protokoler merupakan bagian dari kehumasan yang bertugas untuk menyukseskan suatu acara agar berjalan lancar dan tertib. Kelancaran acara turut memberikan sumbangsih terhadap reputasi baik perguruan tinggi.

Selain Aditya, ada pula Hedy Dyah Syahputri, S.I.Kom., yang memberikan pemaparan tentang pelayanan pelanggan di dunia kehumasan.

“Apa sih humas itu?,” tanya Hedy kepada peserta.

Para santri pun berebut menjawab. Jawaban yang dilontarkan beragam. Bagi mereka, humas identik dengan pekerjaan wanita dan paras ayu. Sontak, seisi ruangan tergelak.

“Seorang (pekerja, red) humas tidak harus wanita dan cantik. Banyak juga pria yang bekerja di kehumasan. Contohnya, Ketua PIH Unair Suko Widodo,” terang Hedy.

“Yang penting cerdas dalam menganalisis kejadian-kejadian yang telah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi yang memiliki dampak bagi perusahaan atau lembaganya. Seorang pekerja kehumasan juga harus bisa menjalin hubungan harmonis dengan stakeholders-nya baik internal dan eksternal karena tujuan keberadaan humas adalah membangun kepercayaan dan menjaga reputasi perusahaan,” imbuh lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unair.

Pelatihan kehumasan kali ini merupakan bagian dari kegiatan Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) UNAIR. Kunjungan ini merupakan program rutin LP4M. Pelatihan diikuti 75 santriwan dari berbagai pondok pesantren. Sebelum menginjak materi inti, Ketua LP4M UNAIR Prof. Dr. Jusuf Irianto, M.Com., memberikan paparan umum tentang definisi kehumasan.

EDITOR: Rizky

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Suap

2 Politisi PDIP Tersangka Suap DPRD Malang Kembali Diperiksa KPK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil dua politisi PDIP dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap terkait pembahasan APBD-P Pemerintah Kota Malang Tahun...

Minimnya Rest Area di Tol Cipali Dikeluhkan Pemudik

KARAWANG, SERUJI.CO.ID - Sejumlah pemudik yang akan kembali ke Jakarta melalui Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengeluhkan kurangnya tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang tol tersebut. Salah...
Herman Hery

Diduga Keroyok dan Aniaya Suami-Istri, Anggota DPR dari PDIP Dipolisikan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Herman Hery dilaporan seorang warga atas nama Ronny Kosasih Yuliarto ke Polres Metro Jakarta Selatan atas...

Jenazah Korban KM Sinar Bangun Disambut Isak Tangis Keluarga

BINJAI, SERUJI.CO.ID - Jenazah korban kapal tenggelam KM Sinar Bangun yang terjadi di Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, satu dari tujuh keluarga warga Kota...

184 Orang Belum Ditemukan dari 206 Data Sementara Penumpang KM Sinar Bangun

TIGARAS, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan mencatat jumlah penumpang sementara KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba sebanyak 206 orang. Kepala Kantor SAR Medan Budiawan...