Mikul Dhuwur Mendhem Jero

Ketika Para Santri Belajar Kehumasan

0
30
Pelatihan kehumasan di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Sidoarjo. (Foto: news.unair.ac.id)

SURABAYA – Para santri dari berbagai pondok pesantren di Sidoarjo merasa antusias dengan materi kehumasan dan protokoler yang disampaikan oleh para pemateri dari Universitas Airlangga (Unair). Buktinya, tak sedikit dari mereka yang mengajukan pertanyaan dan menggali lebih dalam tentang kedua bidang yang saling berkait itu.

Salah seorang santri, Faisal, mengajukan pertanyaan dalam pendidikan dan pelatihan kehumasan dan protokoler, Minggu (19/2), di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas, Sidoarjo.

“Apakah pekerjaan protokoler dan event organizer itu sama?,” tanyanya.

Aditya Gita Rahmatullah, SPi., staf protokoler Pusat Informasi dan Humas UNAIR, menjawab kedua bidang tersebut memiliki jenis pekerjaan yang sama, yakni mengatur prosesi acara.

“Hanya saja, dalam protokoler ada aturan yang diacu dalam mengatur suatu kegiatan. Jadi, misalnya dalam penataan tempat duduk pun ada landasan aturannya,” tutur Aditya.

Pertanyaan lainnya muncul dari salah satu peserta, Nurahman. Ia bertanya tentang relasi peran protokoler dan kehumasan. Menanggapi pertanyaan tersebut, Aditya menjawab sesuai dengan tugas dan fungsi kehumasan di Unair. Di Universitas ternama ini, protokoler merupakan bagian dari kehumasan yang bertugas untuk menyukseskan suatu acara agar berjalan lancar dan tertib. Kelancaran acara turut memberikan sumbangsih terhadap reputasi baik perguruan tinggi.

Selain Aditya, ada pula Hedy Dyah Syahputri, S.I.Kom., yang memberikan pemaparan tentang pelayanan pelanggan di dunia kehumasan.

“Apa sih humas itu?,” tanya Hedy kepada peserta.

Para santri pun berebut menjawab. Jawaban yang dilontarkan beragam. Bagi mereka, humas identik dengan pekerjaan wanita dan paras ayu. Sontak, seisi ruangan tergelak.

“Seorang (pekerja, red) humas tidak harus wanita dan cantik. Banyak juga pria yang bekerja di kehumasan. Contohnya, Ketua PIH Unair Suko Widodo,” terang Hedy.

“Yang penting cerdas dalam menganalisis kejadian-kejadian yang telah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi yang memiliki dampak bagi perusahaan atau lembaganya. Seorang pekerja kehumasan juga harus bisa menjalin hubungan harmonis dengan stakeholders-nya baik internal dan eksternal karena tujuan keberadaan humas adalah membangun kepercayaan dan menjaga reputasi perusahaan,” imbuh lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unair.

Pelatihan kehumasan kali ini merupakan bagian dari kegiatan Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) UNAIR. Kunjungan ini merupakan program rutin LP4M. Pelatihan diikuti 75 santriwan dari berbagai pondok pesantren. Sebelum menginjak materi inti, Ketua LP4M UNAIR Prof. Dr. Jusuf Irianto, M.Com., memberikan paparan umum tentang definisi kehumasan.

EDITOR: Rizky

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Jazuli Juwaini

Politisi PKS: Ulama dan Umat Islam Adalah Penjaga Pancasila dan NKRI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan bahwa ulama dan umat Islam selama ini telah berperan penting...

Risma Target 700 Tanah Pemkot Tersertifikasi Tahun Ini

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menarget sertifikasi 700 tanah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tahun 2017. Dari jumlah itu, 230 sertifikat...
gunung agung

82 Angkot Gratis Siaga Antar Siswa Pengungsi Gunung Agung

KLUNGKUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 82 unit angkutan kota (angkot) yang beroperasi mengantar jemput siswa dan para pengungsi Gunung Agung secara gratis akan disiagakan Pemerintah...
Nobar G30S/PKI

DPW PAN Jatim Gelar Nobar Film G30S/PKI

SURABAYA - DPW PAN Jatim akan menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI yang dijadwalkan akan digelar di kantot DPW PAN Jatim, pada tanggal 29...

Dr. Ahmad Sofian, SH, MA

Dr. Ahmad Sofian, SH, MA, pakar hukum pidana yang terlahir di Medan, 29 September 1971 ini merupakan seorang pakar hukum yang mempunyai rasa kemanusiaan...

Soal Tanah, Ratusan Massa ‘Gruduk’ Kantor BPN Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ratusan massa yang tergabung dalam elemen Gerakan Rakyat Untuk Daulat Agraria (GARUDA) geruduk kantor BPN Jawa Timur di Jalan Gayungsari,...