GMKM Banten Gandeng Republika Dalam Pelatihan Jurnalistik

104
Subroto Kardjo, Redaktur Pelaksana Harian Republika memberikan materi dalam pelatihan Jurnalistik.

SERPONG – Pengurus Daerah (Pengda) gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) Provinsi Banten melaksanakan Pelatihan Jurnalistik selama 2 hari, yang dimulai hari ini Sabtu (25/2) hingga Ahad (26/2). Pelatihan Jurnalistik ini bekerja sama dengan harian Republika.

Subroto Kardjo, Redaktur Pelaksana Harian Republika mengapresiasi kehadiran GMKM dan portal berita SERUJI.CO.ID yang turut serta meramaikan dunia pers Indonesia. Kehadiran SERUJI dipandang sejalan dengan tujuan lahirnya Republika yang digagas oleh Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) pada tahun 1993.

“Kami tidak merasa tersaingi dengan hadirnya portal berita seruji.co.id, justru sekarang kami merasa senang karena tidak sendirian. Saya berharap seruji akan besar dan sehat secara Bisnis,” ungkap Subroto yang sekaligus sebagai narasumber dalam pelatihan ini.

Pelatihan Jurnalistik yang merupakan edisi perdana di Pengda GMKM Banten ini diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Selain berasal dari anggota Koperasi Swamedia Mitra Bangsa (SMB) yang merupakan perusahaan pers dari GMKM, juga ada dari kalangan mahasiswa yang berasal dari Universitas Gunadarma dan Institut Teknologi Indonesia (ITI) serta dari Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Sebagaimana diketahui telah lahir gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) yang bertujuan agar Muslim yang mayoritas di Indonesia dapat menguasai media melalui kesadaran memilih media yang layak dikonsumsi (Media Literacy) dan kepemilikan atas media (Media Ownership). Pelatihan Jurnalistik adalah salah satu program dari GMKM agar lahir insan Jurnalistik yang profesional dan memiliki idealisme dalam berjuang sesuai dengan tujuan GMKM. Selain pelatihan Jurnalistik juga terdapat program Ngaji Media, yang merupakan kegiatan diskusi untuk memberikan pencerahan terkait media (Media Literacy).

Reporter: Haerul Umam
Editor: Iwan S

loading...

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama