GMKM Banten Gandeng Republika Dalam Pelatihan Jurnalistik

SERPONG – Pengurus Daerah (Pengda) gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) Provinsi Banten melaksanakan Pelatihan Jurnalistik selama 2 hari, yang dimulai hari ini Sabtu (25/2) hingga Ahad (26/2). Pelatihan Jurnalistik ini bekerja sama dengan harian Republika.

Subroto Kardjo, Redaktur Pelaksana Harian Republika mengapresiasi kehadiran GMKM dan portal berita SERUJI.CO.ID yang turut serta meramaikan dunia pers Indonesia. Kehadiran SERUJI dipandang sejalan dengan tujuan lahirnya Republika yang digagas oleh Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) pada tahun 1993.

“Kami tidak merasa tersaingi dengan hadirnya portal berita seruji.co.id, justru sekarang kami merasa senang karena tidak sendirian. Saya berharap seruji akan besar dan sehat secara Bisnis,” ungkap Subroto yang sekaligus sebagai narasumber dalam pelatihan ini.

Pelatihan Jurnalistik yang merupakan edisi perdana di Pengda GMKM Banten ini diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Selain berasal dari anggota Koperasi Swamedia Mitra Bangsa (SMB) yang merupakan perusahaan pers dari GMKM, juga ada dari kalangan mahasiswa yang berasal dari Universitas Gunadarma dan Institut Teknologi Indonesia (ITI) serta dari Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Sebagaimana diketahui telah lahir gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) yang bertujuanĀ agar Muslim yang mayoritas di Indonesia dapat menguasai media melalui kesadaran memilih media yang layak dikonsumsi (Media Literacy) dan kepemilikan atas media (Media Ownership). Pelatihan Jurnalistik adalah salah satu program dari GMKM agar lahir insan Jurnalistik yang profesional dan memiliki idealisme dalam berjuang sesuai dengan tujuan GMKM. Selain pelatihan Jurnalistik juga terdapat program Ngaji Media, yang merupakan kegiatan diskusi untuk memberikan pencerahan terkait media (Media Literacy).

Reporter: Haerul Umam
Editor: Iwan S

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.