GMKM Banten Gandeng Republika Dalam Pelatihan Jurnalistik

SERPONG – Pengurus Daerah (Pengda) gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) Provinsi Banten melaksanakan Pelatihan Jurnalistik selama 2 hari, yang dimulai hari ini Sabtu (25/2) hingga Ahad (26/2). Pelatihan Jurnalistik ini bekerja sama dengan harian Republika.

Subroto Kardjo, Redaktur Pelaksana Harian Republika mengapresiasi kehadiran GMKM dan portal berita SERUJI.CO.ID yang turut serta meramaikan dunia pers Indonesia. Kehadiran SERUJI dipandang sejalan dengan tujuan lahirnya Republika yang digagas oleh Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) pada tahun 1993.

“Kami tidak merasa tersaingi dengan hadirnya portal berita seruji.co.id, justru sekarang kami merasa senang karena tidak sendirian. Saya berharap seruji akan besar dan sehat secara Bisnis,” ungkap Subroto yang sekaligus sebagai narasumber dalam pelatihan ini.

Pelatihan Jurnalistik yang merupakan edisi perdana di Pengda GMKM Banten ini diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari berbagai kalangan. Selain berasal dari anggota Koperasi Swamedia Mitra Bangsa (SMB) yang merupakan perusahaan pers dari GMKM, juga ada dari kalangan mahasiswa yang berasal dari Universitas Gunadarma dan Institut Teknologi Indonesia (ITI) serta dari Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Sebagaimana diketahui telah lahir gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) yang bertujuanĀ agar Muslim yang mayoritas di Indonesia dapat menguasai media melalui kesadaran memilih media yang layak dikonsumsi (Media Literacy) dan kepemilikan atas media (Media Ownership). Pelatihan Jurnalistik adalah salah satu program dari GMKM agar lahir insan Jurnalistik yang profesional dan memiliki idealisme dalam berjuang sesuai dengan tujuan GMKM. Selain pelatihan Jurnalistik juga terdapat program Ngaji Media, yang merupakan kegiatan diskusi untuk memberikan pencerahan terkait media (Media Literacy).

Reporter: Haerul Umam
Editor: Iwan S

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Krisis Akal Budi

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hatiā€“hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER