Dahnil Anzar: Esensi Dari Kebangsaan Harus Menggembirakan

GRESIK – Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjutak mengajak ribuan anggota Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) untuk merawat dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

Hal tersebut disampaikan Dahnil Anzar yang bertindak sebagai Inspektur Apel Akbar Nasional yang bertemakan “Apel Menggembirakan Kebangsaan dan Kesiapsiagaan Bencana Nasional” di halaman Stadion Tri Dharma Petrokimia Gresik, pada Ahad (7/5) pagi.

Dahnil Anzar Simanjuntak disambut anggota KOKAM di Apel Akbar KOKAM di halaman Stadion Tri Dharma – Petrokomia Gresik, Jawa Timur. Pada Ahad (7/5). (foto: SERUJI/Iwan Y)

Dahnil mengatakan kegiatan apel ini bertujuan mengingatkan kembali kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya kader KOKAM, bahwasa esensi dan subtansi bangsa itu seharusnya menggembirakan.

“Yang kami maksud menggembirakan itu seperti mengubah masyarakat dari bodoh menjadi pintar, dari miskin menjadi sejahtera, sebagaimana menjadi amanat dari kemerdekaan kita. Sehingga esensi dari kebangsaan harus menggembirakan, bukan malah menyuramkan,” kata Dahnil.

Di awal pidatonya, Dahnil juga mengingatkan bahwa hancurnya suatu bangsa karena praktek korupsi oleh pengelola negaranya.

“Sejatinya yang merusak negeri kita adalah kepemimpinan yang tunduk pada kekuatan uang, dan rakyat yang menghamba kepada uang sehingga abai kepentingan bersama terutama umat. Oleh karena itu, wajib bagi kader KOKAM untuk terus meninggikan akhlaknya dan merawat nilai kejujuran, di tengah terdegradasinya akhlak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Dahnil.

Dahnil Anzar Simanjuntak menginspeksi barisan anggota KOKAM dalam Apel Akbar KOKAM di halaman Stadion Tri Dharma – Petrokomia Gresik, Jawa Timur. Pada Ahad (7/5). (foto: SERUJI/Iwan Y)

Dalam amanatnya, Dahnil Anzar memaparkan tiga fungsi strategis anggota KOKAM yang harus dijalankan dan dilaksanakan komponen organisasi tersebut.

Fungsi Pertama, menjaga atau merawat nilai-nilai ukhuwah Islamiyah, merawat persatuan umat, dan menjaga umat.

“Mempererat silaturahim antar umat Islam harus melekat dan menjadi watak bagi setiap anggota KOKAM,” kata Dahnil.

Fungsi Kedua, menjaga dan mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila. Bagi Muhammadiyah dan Pemuda Muhammadiyah, Pancasila sudah final menjadi kesepakatan bangsa.

“Pancasila ini adalah kesepakatan kita bersama dan sebagai idiologi bangsa. Sudah final, tidak ada kompromi lagi. Sehingga bila ada orang atau pihak yang berusaha merusak NKRI, harus kita lawan,” kata Dahnil.

“KOKAM dibentuk pada bulan Oktober 1965, setelah terjadi pemberontakan PKI. Selanjutnya, KOKAM akan selalu berada di barisan terdepan dalam menjaga dan merawat NKRI, menjaga Pancasila, dan mewujudkan ketentraman di tengah masyarakat,” lanjutnya.

Dahnil menjelaskan, tidak ada sama sekali pertentangan antara Islam dengan Pancasila. Dengan menjalankan nilai-nilai Pancasila, itu juga merupakan bagian dari melaksanakan nilai-nilai Islam. “Justru Islam telah menginspirasi Pancasila melalui para founding father dan mother Indonesia,” ujarnya.

Menurut Dahnil, dalam mengawal dan menjaga keutuhan NKRI, KOKAM mengedepankan ilmu pengetahuan dan perjuangan menegakkan kedaulatan NKRI dengan melawan idiologi komunisme dan lainnya yang bertujuan mengganti ideologi bangsa.

“KOKAM punya tanggungjawab sejarah merawat Pancasila dan melawan potensi-potensi perusak Pancasila. Namun dengan cara yang baik dan persuasif mengedepankan nilai-nilai Islam yang telah banyak diadaptasi Pancasila,” jelas Dahnil.

Fungsi Ketiga, hadir untuk menggembirakan kemanusiaan. KOKAM lahir didorong untuk fungsi-fungsi kemanusiaan.

“Setiap anggota KOKAM harus ikhlas dalam menjalankan kegiatan kemanusiaan, hadir dalam kepentingan kemanusiaan, hadir dalam setiap momentum bencana alam, hadir dalam setiap kesusahan orang miskin, hadir di setiap kesempatan dimana orang lain membutuhkan, bukan menjadi orang-orang bayaran yang menindas nilai-nilai kemanusiaan,” kata Dahnil.

Oleh karenanya, Dahnil mengajak seluruh kader KOKAM mencari banyak anggota baru setelah Apel Akbar ini untuk tugas kemanusiaan.

“Mari setelah pulang dari apel ini menuju daerah masing-masing, silahkan rekrut KOKAM-KOKAM baru, terus tambah semangat baru,” ajak Dahnil.

Setelah penyampaian pidato Dahnil Anzar, dilanjutkan dengan pidato kebangsaan oleh Wakil Ketua DPR RI, Taufiq Kurniawan.

Kegiatan apel yang dihadiri Kokam Jawa Timur dan Jawa Tengah ini diisi atraksi seni bela diri dan kemampuan aksi cepat tanggap bencana personel KOKAM.

Dalam apel tersebut, juga turut hadir Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rektor Universitas Muhammadiyah, serta beberapa orang anggota DPRD Gresik.

 

EDITOR: Harun S

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER