Kereta Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi November 2017

1
78
kereta
Kereta Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Railink.co.id)

JAKARTA – Kereta yang menghubungkan antara Ibu Kota dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dipastikan akan beroperasi November 2017.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai pelantikan di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (15/9), mengatakan awal Oktober akan dilakukan uji coba.

“Awal Oktober akan kita uji coba, kita lihat lagi tanggal 10 (Oktober), akhir November beroperasi,” katanya.

Menurut Budi, saat ini progres pembangunan Kereta Bandara sudah mencapai 80 persen.

Direktur PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro sebelumnya mengatakan bahwa moda transportasi yang diharapkan akan menjadi andalan masyarakat itu akan beroperasi November tahun ini.

“Berharap optimistisnya kita November, tapi saya katakan akhir tahun operasi, tetap kami akan kejar secepatnya agar segera beroperasi karena masyarakat sudah sangat menantikan, ” katanya.

Saat ini baru satu rangkaian KA yang datang dan terdiri dari enam kereta dari PT Industri Kereta Api (Inka). Bulan depan akan datang total 10 rangkaian KA.

Terkait kesiapan jalur, dia akan mengavaluasi kembali karena sebelumnya jalur Duri-Batu Cepet yang semua sepi, kemudian dipakai untuk kereta rel listrik (KRL) yang cukup padat, karena perlu diatur kembali.

Dia menyebut jumlah penumpang KRL dalam satu hari sudah mencapai satu juta orang dari sebelumnya 900.000 orang.

“Ada pengaturan yang kita hitung, kalau KA Bandara masuk, ada kalkulasi lain, sehingga KA Tangerang yang padat itu ada solusi,” kata Edi.

Tarif kereta bandara ini adalah Rp80.000-Rp100.000, namun masih dihitung kembali karena ada pembengkakan biaya pembebasan tanah.

Satu rangkaian KA Bandara dapat menampung 274 penumpang sekali jalan atau total 33.000 penumpang dari total 124 perjalanan KA dengan 10 rangkaian kereta per hari.

Rute KA Bandara adalah Manggarai-Sudirman Baru-Duri-Batu Ceper-Bandara Soetta yang bisa ditempuh dalam waktu 54 menit. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

trump, kim jong un

Trump Akan Tambah Sanksi untuk Tekan Korea Utara

NEW YORK - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, Kamis (21/9), AS akan mengeluarkan lebih banyak sanksi terhadap Korea Utara. Sementara itu, sekutu-sekutu AS menginginkan...
rumah sakit

Bayi Yang Ditahan Rumah Sakit Karawang Meninggal Dunia

KARAWANG - Bayi laki-laki dari pasangan Ny Heni Sudiar dan Manaf yang sempat ditahan Rumah Sakit Intan Barokah, karena tidak mampu membayar tagihan biaya...

Zulkifli: Umat Islam Potensi Kekuatan Ekonomi Politik

MAGELANG - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan penduduk Indonesia mayoritas Islam merupakan potensi yang sangat besar untuk dikonversi menjadi kekuatan ekonomi dan politik...

Polisi Amankan Pemuda Mengamuk di Liponsos Surabaya

SURABAYA - Kepolisian Sektor (Polsek) Sukolilo Surabaya mengamankan seorang pemuda berusia 28 tahun yang mengamuk di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Sukolilo Surabaya. Kepala Unit Reserse...

Polisi Selidiki Senpi Yang Dititipkan ke Rumah Warga

PEKANBARU - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Riau, menyelidiki temuan senjata api (senpi) genggam semiotomatis jenis FN kaliber 9 milimeter yang ditipkan oleh orang tak...

Empat Tersangka Kasus Perkelahian ala ‘Gladiator’ Terancam 15 Tahun Penjara

BOGOR - Empat orang tersangka kasus "gladiator" yang menewaskan seorang siswa SMA Budi Mulya Kota Bogor, Jawa Barat telah ditangkap, keempatnya terancam hukuman 15...