Permainan SKIP CHALLENGE, Resiko Lumpuh bahkan Kematian

JAKARTA – Setelah beberapa challenge/tantangan menjadi viral di dunia remaja bahkan dewasa, diantaranya Manique Challenge (menghentikan kegiatan selama beberapa waktu), Ice Bucket Challenge (menyiram seember air es ke atas kepala). Diantara keduanya Ice Bucket Challenge yang mempunyai dampak negatif.

Baru-baru ini dikalangan remaja sedang tren istilah SKIP CHALLENGE, dibalik tantangan yang memberikan pengalaman baru yang menegangkan, kegiatan ini dapat menimbulkan efek negatif, kematian dan lumpuh total.

Permainan ini dilakukan dengan cara menekan dada teman kita dengan sekeras-kerasnya, sehingga teman kita dalam sepersekian detik akan lunglai terjatuh tidak sadarkan diri untuk waktu yang tidak bisa ditebak, bahkan beberapa kejadian membuat korban benar-benar tidak pernah sadar kembali (meninggal dunia).

Dengan menekan dada dengan sekeras-kerasnya maka akan menghentikan sementara pasokan oksigen ke otak, dan otak akan berhenti karena kekurangan oksigen, hal inilah yang membuat kondisi tak sadarkan diri, kesadaran akan kembali ketika perlahan-lahan oksigen kembali mengalir ke otak, bila tekanan ke dada terlalu keras maka akan merusak saluran oksigen dan akhirnya otak sama sekali tidak mendapatkan pasokan oksigen yang menimbulkan kematian.

Melakukan hal ini berulang-ulang juga akan menimbulkan kelumpuhan, karena seringya otak kekurangan oksigen perlahan akan membuat sel-sel otak mengalami kerusakan yang mengakibatkan lumpuh ringan dan bahkan lumpuh total.

Perlu diketahui, neuron (sel saraf) adalah sel yang sangat sensitif akan kebutuhan oksigen dan tidak dapat beregenerasi jika rusak atau mati. Jadi ketika tubuh mengalami hipoksia / kekurangan suplai oksigen, sel saraf bisa rusak atau mati. Kondisi hipoksia pada akhirnya akan berakibat fungsi organ tubuh lainnya tidak bekerja dengan baik, hingga mengakibatkan kematian.

Ilustrasi Perbandingan Kadar Oksigen terhadap Fungsi Otak (Sumber: anesthesiaweb.org)

Bagi para orang tua dan guru agar selalu mengingatkan dan memberikan pengertian bahaya permainan ini, atau jika perlu melarang karena resikonya terlalu besar daripada manfaat yang didapat dari permainan ini. (Ardiansyah)

EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing. Mulai dari urusan remeh temeh seperti semir sepatu dan jarum jahit sampai urusan canggih-canggih seperti pesawat terbang dan gadged.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER