Salah Gaya, Kesehatan Bisa Bermasalah

SERUJI.CO.ID – Jangan anggap kecil bagaimana gaya Anda berdiri, bagaimana anda berjalan, bagaimana Anda duduk. Postur Anda itu tidak hanya akan mencerminkan fisik Anda, tetapi juga kesehatan, mood, pikiran, dan bahkan jiwa Anda.

Anda bisa berjalan dengan punggung membungkuk, melangkah pelan seperti orang tua yang sedang sakit, kepala mendunduk lesu seperti orang yang sedang bermasalah, atau berjalan dengan berdiri tegak dengan dada menantang, menunjukkan bagaimana Anda menatap dunia ini dengan percaya diri, yakin dan optimis.

Dengan postur yang baik Anda juga akan kelihatan lebih tinggi, langsing, lebih muda, dan merasa lebih baik.

Tidak hanya itu, menjaga postur yang baik dan benar akan mencegah Anda dari beberapa kemungkinan penyakit terkait dengan keluhan-keluhan pada tulang leher, punggung, pinggang, lutut dan tumit anda.

Postur yang tidak baik waktu duduk, berdiri atau berjalan akan menyebabkan tekanan yang tidak seimbang pada tulang-tulang belakang anda. Tekanan yang tidak seimbang, tekanan yang berlebih pada satu sisi, apalagi berulang dan jangka lama akan menimbukan injuri, peradangan, kerusakan, perubahan anatomis tulang, jaringan setempat dan sekitarnya dengan keluhan seperti nyeri.

Bagaimana pengaruh postur ini terhadap kesehatan seseorang, saya punya cerita dengan seorang pasien yang masih sangat muda.

Pasien, laki-laki usia 17 tahun, masih duduk di bangku kelas sekolah menengah atas, suatu ketika datang konsultasi ke tempat praktek saya diantar oleh Ibunya. Anak ini, sebut saja AM, anak dari keluarga cukup kaya yang juga saya kenal dengan baik ini.

AM mengeluh nyeri pada pinggangnya, terutama waktu duduk, dan berdiri yang lama. Rasa nyeri ini sudah cukup lama dirasakannya, dan semakin lama semakin kuat, dan menurut ceritanya, untuk menghilangkan nyeri ini, pasien mengkonsumsi obat sendiri. Tapi, akhir-akhir ini obat itu pun tidak banyak berpengaruh lagi, dan setiap habis makan obat perutnya pun menjadi perih disertai mual dan muntah.

Pada pemeriksaan, istilah kerennya, inspeksi, kasat mata saya lihat tulang belakang yang melengkung dan bengkok, tidak lurus. Waktu dia duduk, dan berjalan kelihatan sekali tulang belakang yg tidak lurus, miring ke kanan. Dan pada pemeriksaan memang ada nyeri tekan pada tulang bagian belakangnya.

Lalu, ketika saya beritahu kepada pasien dan Ibunya bahwa nyeri di pinggangnya kemungkinan besar karena kelainan pada tulang belakangnya.

“Mengapa bisa begitu?” sang Ibu kemudian bertanya,.

“Kemungkinannya bisa karena kebiasaan duduk, berdiri selama ini. Duduk, berdiri dengan postur yang salah, tidak baik dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tulang punggung seperti itu,” jelas saya.

Agak lama sang Ibu terdiam.

“Apa ada hubungannya dengan kebiasaan anak saya naik motor dokter? Dia Saya lihat waktu naik motornya, sambil memiringkan badanya ke kanan, dan itu sudah biasa begitu sejak dia klas satu SMP,” cerita Ibunya sambil bertanya.

Dan, pasien ini memang cukup saya kenali juga, sering lewat dengan kendaraan bermotornya di jalan di depan tempat saya praktek. Bunyi raung mesin motornya, gaya duduknya di sadel motor itu sangat khas sekali.

Dia duduk dengan badannya miring, meliuk ke kanan sambil tangan kanannya ditekuk ke dalam waktu memegang stang motor. Pantatnya di sadel juga begitu, duduk pada sebagian sadel, dan kaki kananya sedikit terbuka ke luar, tidak sejajar dengan kaki kiri. Kebiasaan yang sering saya lihat pada remaja, anak-anak muda lainnya waktu membawa motornya.

Dan, terbayang dengan kebiasaan anaknya ini, tanpa ragu saya jawab; “Ya, bisa, bisa sekali”.

Nah, selain yang dialami pasien di atas, postur yang tidak baik, tidak hanya menyebabkan keluhan terkait pada tulang belakang saja. Menurut David B Agus dalam buku “a short guide to a long life”, postur yang salah dapat menyebabkan keluhan, gangguan lain seperti, sakit kepala, radang sendi, gangguan aliran darah, nyeri otot, gangguan pernafasan, pencernaan, konstipasi, lelah, gangguan syaraf, dan fungsi fisik yang lain.

Jadi, jagalah postur anda, baik pada saat duduk, di mana saja; di kantor, di atas kendaraan, sedang nonton TV, sedang makan, berdiri, maupun sedang berjalan.

Postur yang salah dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah pula pada kesehatan anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Berkebun di Halaman Rumah-pun Dapat Membuat Anda Lebih Sehat

Tidak satu jalan ke Roma, begitu juga dengan kesehatan kita. Banyak jalan yang bisa ditempuh menuju sehat yang kita inginkan. Tapi, yang jelas, tidak ada jalan tol, jalan pintas agar kita tetap sehat, semua dimulai dengan hal-hal Kecil.

TERPOPULER

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes: Kenali Penyakit Yang Jumlah Penderitanya Terus Meningkat (2)

Diabetes melitus adalah penyakit kronis, sekali seseorang didiagnosis sebagai penyandangnya, maka pada umumnya penyakit ini akan mendampinginya sepanjang usianya. Dengan kata lain, diabetes ini akan menjadi temannya selamanya.