Merokok Dapat Membunuh 8 juta Orang per Tahun

Jakarta.Seruji.Com — Studi mengatakan kebiasaan merokok menelan biaya ekonomi global sebesar lebih dari 1 triliun Dolar per tahun.

Merokok menelan biaya ekonomi global lebih dari 1 triliun dolar per tahun, dan akan membunuh satu dari tiga orang pada tahun 2030 dibanding sekarang, demikian menurut sebuah studi oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan US National Cancer Institute yang dipublikasikan hari Selasa kemarin di Jenewa, Swiss.
http://indiemedia.id/preview/wp-admin/post-new.php#edit_timestamp
Bahwa biaya ekonomi global yang harus dikeluarkan jauh melampaui pendapatan global dari pajak tembakau, yang WHO diperkirakan sekitar 269.000.000.000 Dolar pada 2013-2014.

“Jumlah kematian terkait tembakau diproyeksikan meningkat dari sekitar 6 juta kematian setiap tahun sampai dengan sekitar 8 juta per tahun pada tahun 2030, dengan lebih dari 80 persen dari perkiraan terjadi di negara-negara berpenghasilan Rendah dan menengah”, menurut penelitian tersebut.

Sekitar 80 persen dari perokok hidup di negara-negara tersebut, walau jumlah orang yang merokok tidak seberapa dibanding populasi global, namun jumlah total perokok di seluruh dunia meningkat, katanya.

Para ahli kesehatan mengatakan penggunaan tembakau adalah penyebab tunggal terbesar kematian global.

Bagaimana Cara Menghentikan Orang Untuk Merokok?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah suatu negara yaitu menggunakan kebijakan murah dan efektif dengan cara menaikkan pajak tembakau dan menaikkan harga rokok, serta kebijakan bebas asap rokok yang komprehensif, adanya larangan lengkap tentang pemasaran perusahaan rokok melalui iklan-iklan, tidak lupa pemasangan label peringatan bergambar yang menonjol pada kemasan rokok.

Pertanyaanya, apakah ada kemauan dari pemerintah untuk melakukannya?

Sumber :
http://gulfnews.com

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy