Mengenang RA Kartini yang Wafat pada Masa Nifas

0
144
kartini
RA Kartini

Hari ini diperingati sebagai Hari Kartini, pahlawan nasional yang mencita-citakan pemberdayaan perempuan. Namun sejarah mencatat Kartini meninggal 4 hari setelah melahirkan anak pertamanya yang berarti meninggal pada masa nifas. Masa nifas dimulai sejak 1 jam setelah placenta lahir sampai dengan 42 hari berikutnya.

Meskipun keluarga Kartini menerima kematian ini sebagai takdir yang harus dijalani, namun ada kalangan yang menduga kematian Kartini karena dibunuh (Efatino Febriana dalam bukunya “Kartini Mati Dibunuh”). Dugaan itu muncul karena Kartini tampak sehat walafiat selama hamil dan proses persalinan bahkan sesudah proses persalinan.

Terlepas dari benar tidaknya tentang penyebab pasti kematian Kartini apakah dibunuh atau sebab penyakit pada masa nifas, berikut disajikan kajian mengenai macam – macam penyebab kematian pada masa nifas.

1. Perdarahan pasca melahirkan
Perdarahan pasca melahirkan adalah perdarahan dari jalan lahir yang volumenya melebihi 500 ml. Atau dalam pemeriksaan laboratorium didapatkan penurunan hematokrit 10% atau lebih dibandingkan pada saat sebelum proses persalinan. Penyebab perdarahan pasca melahirkan:

a. Atonia uteri
Merupakan kondisi dimana rahim tidak mau kontraksi sehingga pembuluh darah di rahim terbuka dan terjadilah perdarahan hebat. Perdarahan ini terjadi segera setelah anak lahir. Penanganan harus cepat kadang harus sampai diangkat rahimnya.

b. Laserasi jalan lahir
Merupakan kondisi dimana jalan leher rahim atau vagina yang robek akibat proses persalinan sehingga terjadi pengeluaran darah segar yang banyak.

c. Retensio placenta
Merupakan kondisi dimana placenta/ari-ari ada yang tertinggal di dalam rahim, yang tertinggal bisa seluruh placenta maupun sebagian placenta. Kondisi ini menyebabkan perdarahan dan rasa nyeri yang hebat.

d. Inversio uteri
Kondisi dimana rahim ikut keluar dari rongga perut pada saat proses persalinan, kondisi ini juga menyebabkan perdarahan yang banyak.

e. Ruptur uteri
Kondisi dimana rahim mengalami robek pada saat proses persalinan. Hal ini pula yang menjadi alasan kenapa apabila sudah mengalami riwayat operasi caesar dipersalinan berikutnya disarankan untuk operasi lagi. Sebab rahim yang pernah tersayat pasca operasi beresiko ruptur pada saat proses persalinan.

Semua perdarahan pasca persalinan harus ditangani sesegera mungkin, apabila tidak segera ditangani akan berakibat kematian.

2. Infeksi masa nifas
Adalah semua peradangan yang disebabkan oleh masuknya kuman ke dalam jalan lahir pada waktu proses persalinan dan nifas. Gejala utamanya demam, maka jangan disepelekan demam pasca melahirkan , bisa jadi Anda sedang mengalami infeksi pasca melahirkan.

Infeksi pasca melahirkan ada yang ringan sampai berat. Infeksi berat bisa menimbulkan sepsis yang bisa berujung pada kematian. Pencegahannya dengan pemberian antibiotik pasca melahirkan, maka minumlah obat yang diresepkan oleh dokter maupun bidan yang membantu persalinan Anda.

3. Eklamsia
Eklamsia bisa terjadi sebelum melahirkan, saat melahirkan maupun setelah melahirkan. Hasil riset dr. Mark C. Chames menunjukkan 67% kasus pre-eklamsia terjadi pada masa kehamilan (sebelum persalinan), 33% kasus terjadi setelah proses persalinan. Resiko terjadi pre-eklamsia masih cukup tinggi selama 28 hari pasca melahirkan.

Pre-eklamsia harus segera ditangani agar tidak berlanjut menjadi eklamsia sebab bila sudah terjadi eklamsia maka kemungkinan bisa tertolong akan lebih kecil. Gejalanya berupa tekanan darah tinggi, pusing, pandangan kabur, sakit perut, pembengkakan pada kaki, merasa cepat lelah, nyeri otot. Gejala paling berat bila sudah terjadi kejang. (dr. Endang Sulistyowati)

 

EDITOR: Iwan Y

Komentar

BACA JUGA
Jiwa Seni Puti Guntur

Bertemu Seniman, Puti Soekarno Berkisah Tentang Jiwa Seni Kakek dan Keluarganya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno bertemu dengan kalangan seniman yang tergabung Forum Masyarakat Seni Indonesia (Formasi)...
Relawan Gus Ipul

60 Kelompok Relawan Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 60 kelompok relawan pendukung calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur siap memenangkan paslon tersebut di kontestasi Pilgub 2018. Para...
Mediator kesehatan

Mediator Kesehatan Diharapkan Mampu Memediasi Perselisihan di Bidang Kesehatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya bersama Jimly School of Law and Goverment berupaya mengembangkan profesi mediator kesehatan. "Ini dinilai penting sebagai upaya...
buku Boko Haram

Bedah Buku Boko Haram: Indonesia Harus Belajar Pengalaman Nigeria

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Centre For Statecraft and Citizenship Studies (CSCS) Universitas Airlangga, Rosdiansyah menangkap pesan utama dari buku “BOKO HARAM: The History of...
persiba

Persiba Gagal Bendung Ketangguhan Sriwijaya FC

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Tuan rumah Persiba Balikpapan gagal membendung ketangguhan Sriwijaya FC dan menyerah 0-1 pada pertandingan babak penyisihan Grup B turnamen Piala Gubernur Kalimantan...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...