Mengenang RA Kartini yang Wafat pada Masa Nifas

0
231
kartini
RA Kartini

Hari ini diperingati sebagai Hari Kartini, pahlawan nasional yang mencita-citakan pemberdayaan perempuan. Namun sejarah mencatat Kartini meninggal 4 hari setelah melahirkan anak pertamanya yang berarti meninggal pada masa nifas. Masa nifas dimulai sejak 1 jam setelah placenta lahir sampai dengan 42 hari berikutnya.

Meskipun keluarga Kartini menerima kematian ini sebagai takdir yang harus dijalani, namun ada kalangan yang menduga kematian Kartini karena dibunuh (Efatino Febriana dalam bukunya “Kartini Mati Dibunuh”). Dugaan itu muncul karena Kartini tampak sehat walafiat selama hamil dan proses persalinan bahkan sesudah proses persalinan.

Terlepas dari benar tidaknya tentang penyebab pasti kematian Kartini apakah dibunuh atau sebab penyakit pada masa nifas, berikut disajikan kajian mengenai macam – macam penyebab kematian pada masa nifas.

1. Perdarahan pasca melahirkan
Perdarahan pasca melahirkan adalah perdarahan dari jalan lahir yang volumenya melebihi 500 ml. Atau dalam pemeriksaan laboratorium didapatkan penurunan hematokrit 10% atau lebih dibandingkan pada saat sebelum proses persalinan. Penyebab perdarahan pasca melahirkan:

a. Atonia uteri
Merupakan kondisi dimana rahim tidak mau kontraksi sehingga pembuluh darah di rahim terbuka dan terjadilah perdarahan hebat. Perdarahan ini terjadi segera setelah anak lahir. Penanganan harus cepat kadang harus sampai diangkat rahimnya.

b. Laserasi jalan lahir
Merupakan kondisi dimana jalan leher rahim atau vagina yang robek akibat proses persalinan sehingga terjadi pengeluaran darah segar yang banyak.

c. Retensio placenta
Merupakan kondisi dimana placenta/ari-ari ada yang tertinggal di dalam rahim, yang tertinggal bisa seluruh placenta maupun sebagian placenta. Kondisi ini menyebabkan perdarahan dan rasa nyeri yang hebat.

d. Inversio uteri
Kondisi dimana rahim ikut keluar dari rongga perut pada saat proses persalinan, kondisi ini juga menyebabkan perdarahan yang banyak.

e. Ruptur uteri
Kondisi dimana rahim mengalami robek pada saat proses persalinan. Hal ini pula yang menjadi alasan kenapa apabila sudah mengalami riwayat operasi caesar dipersalinan berikutnya disarankan untuk operasi lagi. Sebab rahim yang pernah tersayat pasca operasi beresiko ruptur pada saat proses persalinan.

Semua perdarahan pasca persalinan harus ditangani sesegera mungkin, apabila tidak segera ditangani akan berakibat kematian.

2. Infeksi masa nifas
Adalah semua peradangan yang disebabkan oleh masuknya kuman ke dalam jalan lahir pada waktu proses persalinan dan nifas. Gejala utamanya demam, maka jangan disepelekan demam pasca melahirkan , bisa jadi Anda sedang mengalami infeksi pasca melahirkan.

Infeksi pasca melahirkan ada yang ringan sampai berat. Infeksi berat bisa menimbulkan sepsis yang bisa berujung pada kematian. Pencegahannya dengan pemberian antibiotik pasca melahirkan, maka minumlah obat yang diresepkan oleh dokter maupun bidan yang membantu persalinan Anda.

3. Eklamsia
Eklamsia bisa terjadi sebelum melahirkan, saat melahirkan maupun setelah melahirkan. Hasil riset dr. Mark C. Chames menunjukkan 67% kasus pre-eklamsia terjadi pada masa kehamilan (sebelum persalinan), 33% kasus terjadi setelah proses persalinan. Resiko terjadi pre-eklamsia masih cukup tinggi selama 28 hari pasca melahirkan.

Pre-eklamsia harus segera ditangani agar tidak berlanjut menjadi eklamsia sebab bila sudah terjadi eklamsia maka kemungkinan bisa tertolong akan lebih kecil. Gejalanya berupa tekanan darah tinggi, pusing, pandangan kabur, sakit perut, pembengkakan pada kaki, merasa cepat lelah, nyeri otot. Gejala paling berat bila sudah terjadi kejang. (dr. Endang Sulistyowati)

 

EDITOR: Iwan Y

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...
becak-becak

Yogyakarta Kaji Tiga Desain Becak Alternatif

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan kajian desain becak alternatif dengan menyiapkan tiga tipe becak yang terdiri dari dua becak ramah lingkungan dan satu...