Masih Ada Kusta Diantara Kita

Back 1
Penyakit Kusta tidak mengancam keselamatan jiwa, hanya saja penyakit ini bisa menimbulkan kecacatan, seperti jari-jari tangan bisa autoamputasi (memendek ), mata tidak bisa dipejamkam dengan sempurna (lagopthalmus), borok di telapak tangan dan atau kaki (ulkus), bisa terjadi clawing (kithing) tangan atau drop foot (semper) pada kaki, kurang rasa (hipoestesi ) atau mati rasa (anestesi ).

Kebanyakan penderita datang ke dokter karena kecacatannya bukan karena bercaknya, padahal apabila datangnya lebih dini maka kecacatan bisa dicegah. Namun demikian jangan berkecil hati apabila datang ke dokter sudah dalam kondisi kecacatan, sebab dokter tetap akan memberikan pengobatan dan mengusahakan agar tidak terjadi kecacatan lebih parah.

Dimasa lalu sebelum era kedokteran modern penyakit ini sering dianggap penyakit kutukan, penderitanya dikucilkan dari pergaulan. Walau ternyata stigma negatif dan pengucilan dari pergaulan pada penderita kusta terkadang masih terjadi di masyarakat kita dewasa ini.

Penyakit Kusta disebabkan oleh kuman Mycobacterium Leprae yang menyerang kulit, saraf tepi dan jaringan tubuh lainnya. Penyakit kusta bisa menular walau penularannya sangat sulit, butuh kontak kulit yang lama dan intensif dengan penderita Kusta yang belum diobati untuk bisa tertular. …Next 3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bantahan Survei Kompas, Filsafat Ilmu dan Kisah Angsa Hitam

Cara saya berterima kasih kepada Kompas justru memujinya ketika benar dan mengkritiknya ketika salah. Dan saya berkesimpulan dengan ilmu yang saya pelajari, Kompas telah salah menarik kesimpulan dalam publikasi surveinya di bulan Maret 2019.

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Segarkan Wajah dengan A I U E O