Masih Ada Kusta Diantara Kita

Pada era 80-an setiap Ahad siang di TVRI ditayangkan serial sinetron berjudul Rumah Masa Depan, garapan Ali Shahab. Dalam salah satu episode diangkat kisah tentang penyakit kusta. Diceritakan seorang bapak yang menderita Kusta dikucilkan oleh warga sekitar, akan tetapi Gerhana, pemeran utama dengan rambut panjangnya yang khas, memberi contoh baik dengan tetap bergaul dengan bapak tersebut. 


Penyakit Kusta belum punah dari Indonesia walaupun jumlah penderitanya tidak begitu banyak. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) masih menjadikan pemberantasan penyakit Kusta sebagai salah satu program khusus. Secara berkala Kemenkes melakukan pelatihan kepada tenaga kesehatan agar lebih waspada terhadap penyakit tersebut.

Penyakit Kusta atau nama lainnya penyakit Lepra merupakan penyakit yang seringkali terlambat terdiagnosa. Karena gejala dan tanda awal penyakit tersebut memang sangat ringan, hanya berupa bercak kemerahan, kadang bercak keputihan yang tidak gatal dan tidak terasa sakit. Jika dokter teiliti dalam memeriksa dengan tehnik pemeriksaan tertentu maka akan terdeteksi bahwa bercak tersebut mati rasa. …Next 2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.