Jaga Kesehatan Mata, Terapkan Rumus 20-20

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dokter spesialis mata menganjurkan agar masyarakat menerapkan rumus 20-20 yaitu istirahatkan mata selama 20 detik setelah mata bekerja selama 20 menit untuk menjaga kesehatan mata.

Dokter spesialis mata dr Zoraya Ariefia Feranthy SpM mengatakan di Jakarta, Senin (30/4), penerapan rumus 20-20 tersebut untuk menjaga mata agar tidak terjadi kelainan refraksi seperti mata minus, plus, atau silinder.

Dokter yang akrab disapa Ranthy tersebut mengatakan faktor risiko kelainan refraksi yang bisa dikendalikan ialah faktor kebiasaan. Sementara kelainan refraksi akibat faktor genetik tidak bisa dicegah atau dikendalikan.

“Yang bisa kita kendalikan faktor kebiasaan. Kebiasaan baca dekat, dan juga faktor paparan ‘gadget’ terus menerus,” kata dokter Ranthy.

Dia menjelaskan setiap mata beraktivitas dengan bekerja jarak dekat seperti membaca buku, memandangi layar komputer dan gawai selama 20 menit, disarankan untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat jarak jauh.

“Istirahatkan mata lihat yang jauh lebih dari lima meter selama 20 detik, itu untuk menjaga kelainan refraksi,” kata Ranthy.

Sementara mengenai asupan makanan dengan kandungan khusus yang baik untuk mata berperan dalam meningkatkan kemampuan sel-sel di retina mata dalam menangkap cahaya.

Selain itu juga makanan dengan kandungan gizi yang baik untuk mata bisa membantu menjernihkan media atau lensa mata dalam melihat. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER