Jadi Sukarelawan, Kakek-Nenek ini Makin Sehat dan Awet Muda

4
254
Kakek nenek bersepeda
Iliustrasi kakek dan nenek bersepeda ria. (Foto: Harvard Health)

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD

SERUJI.CO.ID – Tidak jauh dari tempat saya menginap, di Mississauaga, Canada, ada pertigaan yang cukup ramai, terutama pagi hari. Karena banyak anak-anak sekolah yang menyeberang di sana. Di tengah-tengah lalu lalang anak-anak sekolah itu, waktu saya jogging pagi hari, selalu saya lihat dua orang tua laki-laki dan perempuan yang membantu anak-anak sekolah yang akan menyeberang.

Kedua orang tua ini saya lihat sangat lincah, seperti tidak mengenal lelah bolak-balik antara kedua sisi jalan. Dengan pakaiannya yang khas dan bendera kecil di tangannya, mengawal setiap kali anak-anak yang akan menyeberang. Tampak sekali mereka menikmati aktivitasnya. Sesekali saya lihat mereka membelai kepala anak-anak itu sambil mengantarnya ke seberang.

Penasaran dengan mereka, –suatu pagi saya sengaja menunggu aktifitas mereka selesai dan waktu mereka mau pulang–, saya menyapa dan mendekatinya.

Dan, ternyata mereka adalah sepasang suami-istri dengan satu anak dan dua orang cucu yang tinggal di kota lain. Mereka sendiri tinggal di sebuah apartemen sekitar dua mil dari tempat kerja sukarela ini. Dengan mendayung sepeda, hampir setiap pagi sepasang suami-istri ini bolak-balik ke sini.

Waktu saya tanya, “Sudah berapa lama melakukan aktivitas ini?”

“Woow, sudah lama sekali, beberapa tahun setelah kami pensiun, lebih dari 10 tahun yang lalu,” jawab mereka dengan penuh semangat.

Tergambar dari mimik mereka bahwa mereka senang sekali dan bangga dengan profesi baru ini.

“Kalau begitu berapa usia Anda sekarang?” tanya saya lagi penuh heran.

Loading...

4 KOMENTAR

  1. Ternyata ini kuncinya, sesuai dg ajaran islam ya….

    Hhmmm. Sambil menganggukkan kepala, saya berpikir, memang inilah yang membuat mereka sehat, awet muda, dan panjang umur. Banyak bergerak, aktif, suka memberi, membantu orang lain dengan ikhlas, dan menikmati semua aktivitas mereka itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama