Inilah Berbagai Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Gizi Susu Kambing

Kandungan gizi susu kambing memang luar biasa. Penelitian gizi mengungkap susu kambing memiliki ukuran butiran (globula) yang berdiameter kecil (1 s.d. 4,5 mm) dengan proporsi yang lebih tinggi, yaitu 82.7 persen, sedangkan sapi hanya sekitar 65,4 persen.

Selain itu, sebanyak 20 persen lemak susu kambing mempunyai rantai karbon yang lebih pendek (4 s.d. 12 karbon) dan menjadikannya lebih mudah dan cepat dicerna daripada susu sapi. Oleh karena itu, susu kambing sangat cocok bagi mereka yang mengalami gangguan pencernaan (lactosa intolerant). Ada orang yang selalu mengalami diare saat minum susu sapi segar, nah, orang seperti ini tampaknya harus mencoba susu kambing.

Menurut Journal of American Medicine, susu kambing adalah makanan paling lengkap dengan kandungan vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh.

Tubuh manusia dapat mencerna susu kambing hanya dalam waktu 20 menit. Bandingkan dengan 2 s.d. 3 jam yang dibutuhkan untuk mencerna susu sapi.

Susu kambing adalah susu yang paling mirip dengan susu ibu dari segi komposisi, nutrisi, dan sifat kimia alami. Hal ini membuat susu kambing menjadi makanan ideal untuk menyapih anak.

Kadar eter gliserol yang jauh lebih tinggi daripada susu sapi juga membuat beberapa dokter merekomendasikan susu kambing untuk asupan gizi bayi yang baru lahir.

Susu kambing juga mempunyai persentase protein, vitamin, dan mineral, seperti kadar kalsium, fospor, kalium, magnesium, dan natrium yang lebih tinggi. Kalsium, fospor, dan magnesium sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang.

Kadar fluorin dalam susu kambing mencapai 10 s.d. 100 kali lebih tinggi daripada susu sapi. Fluorin merupakan antiseptik natural yang mengandung elemen pencegah timbulnya bakteri dalam tubuh.

Berbagai keunggulan itulah yang akan membuat susu kambing mampu menjaga kesehatan tubuh manusia. Ayo mencoba dan merasakan khasiatnya.

 

(Efka)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Refleksi Akhir Tahun Pendidikan

Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER