Ini Manfaat Jika Rutin Cek Kesehatan

JAKARTA – Rutin mengecek kesehatan secara berkala dinilai paling efektif untuk mencegah munculnya berbagai penyakit tidak menular dengan mendeteksinya sedini mungkin.

“Rutinkan menimbang berat badan, ukur lingkar perut, cek tekanan darah dan gula darah,” kata Wakil Ketua Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dr dr Ari Fachrial Syam, Sp.PD, K-GEH seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Selasa (29/8).

Ari juga menyatakan bahwa penyakit tidak menular seringkali muncul diam-diam dan tanpa gejala, namun tetap menyimpan potensi bahaya yang luar biasa. Karena itulah, penyakit tidak menular seperti stroke, sakit jantung, hipertensi, diabetes dan lainnya dijuluki “silent killer”.

Oleh karena itu Ari menganjurkan masyarakat peka terhadap tubuh yang sudah memberikan sinyal sebelum termanifestasi berupa tanda atau gejala. Untuk menangkap sinyal tersebut, dapat dilakukan melalui cek kesehatan secara berkala.

Dia menekankan bahwa pencegahan penyakit tidak menular perlu dilakukan sedini mungkin. Fokusnya adalah jangan sampai muncul tanda atau gejala penyakit tidak menular.

“Kalau sudah muncul nyeri sendi, nyeri dada, dan gejala penyakit tidak menular lainnya, sudah terlambat sebenarnya. Sudah muncul tanda dan gejala itu artinya faktor risiko sudah berlangsung sejak lama,” kata Ari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.