Informasi Hoax Tentang Kesehatan Berikut Wajib Diabaikan

0
171
  • 3
    Shares
hoax

Arus informasi melaju cepat seiring pesatnya perkembangan sosial media. Sayangnya tidak semua informasi yang beredar di sosial media bisa dipertanggungjawabkan. Tak terkecuali informasi kesehatan juga terkena dampaknya.

Berseliweran di facebook, twitter, whatsapp berbagai informasi hoax tentang kesehatan, berikut beberapa contohnya.

1Makan sayap ayam broiler bisa memicu kanker

Dalam informasi hoax disebutkan bahwa karena ayam disuntik hormon yang lokasi penyuntikannya dibagian sayap maka bila mengkonsusmsi sayap otomatis hormon ikut termakan sehingga bisa memicu kanker.

Yang benar suntikan pada ayam broiler bukanlah berisi hormon melainkan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam agar tidak mudah terserang penyakit. Ayam broiler memang cepat tumbuh besar disebabkan sifat genetik ayam broiler yang memang cepat tumbuh. Penemuan ayam broiler merupakan kemajuan dibidang peternakan dalam rekayasa genetika.

2Pertolongan pertama pada penderita stroke dengan cara menusuk jarum pada telinga atau pada ujung jari

Golden period pada penanganan stroke adalah 3 jam setelah terjadinya serangan. Penanganan yang dini di rumah sakit oleh dokter spesialis syaraf dalam masa golden period diprediksikan stroke akan tidak berkembang menjadi berat. Menusuk jarum pada telinga maupun ujung jari tidak mempunyai efek kesembuhan, justru apabila jarumnya tidak steril bisa memicu infeksi di lokasi yang terkena tusukan.

Bila ada keluarga terserang stroke langsung bawa ke IGD rumah sakit terdekat, bukan dibawa ke klinik maupun dokter praktek pribadi

3Makan coklat bareng mie instan berakibat keracunan

Di Indonesia BPPOM yang bertanggung jawab mengawasi beredarnya makanan. Mie instan yang sudah mendapat ijin BPPOM maka sudah melalui uji kelayakan konsumsi dan sudah memenuhi standar dan persyaratan yang berlaku sehingga aman untuk dikonsumsi meskipun dimakan bersamaan dengan coklat. Demikian juga produk coklat. Sebagai konsumen kita harus jeli melihat ada tidaknya ijin BPPOM yang tercanatum di produk yang kita konsumsi dan jangan lupa untuk melihat tanggal kadaluarsa. Selain itu perhatikan juga penampilan fisiknya karena bisa jadi penyimpanan tidak benar sehingga meskipun belum sampai pada tanggal kadaluarsa tapi sudah tidak layak konsumsi karena terlihat berjamur, berbau apek, atau mungin tergigit binatang dan lain-lain. Makanan yang kadaluarsa bisa menyebabkan keracunan.

4Minum air dingin usai makan picu kanker

Menurut BBC Science and Nature, panas alami diperut akan membuat semua makanan yang masuk memiliki suhu yang sama. Meskipun minum air dingin maka dingin air tersebut tidak bertahan lama di dalam lambung karena secara otomatis sistem pencernaan akan menurunkan suhunya sesuai dengan suhu yang dibutuhkan tubuh dalam mencerna makanan. Sistem pencernaan manusia merupakan laboratorium canggih yang bisa bekerja secara otomatis. Belum ada laboratorium buatan manusia yang bisa meniru kecanggihannya.

 

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU