Imunisasi HiB Cegah Radang Selaput Otak

0
275
Imunisasi HiB
Vaksin untuk imunisasi HiB yang dikombinasikan dengan vaksin DPT-HB produksi Biofarma

Imunisasi HiB merupakan upaya untuk mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh kuman Haemophylus Influenza type B. Diantaranya Meningitis atau radang selaput otak, dan Pneumonia atau radang paru-paru. Kuman ini juga dapat menginfeksi darah, sendi maupun tulang.

Penyakit Meningitis merupakan penyakit dengan angka kematian tinggi dan dapat menular. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan umur berapa saja, namun paling sering ditemukan pada bayi dengan usia kurang dari 6 bulan terutama pada bayi baru lahir. Penyebab dari penyakit ini sangat beragam bisa karena bakteri, virus, jamur maupun parasit. Imunisasi HiB hanya bisa mencegah meningitis yang disebabkan oleh kuman Haemophilus Influenza type B.

Imunisasi HiB ini seringkali juga disebut sebagai imunisasi meningitis. Terdapat dua jenis vaksin Meningitis di Indonesia, yaitu vaksin Meningokokus Polysakarida Konjugasi dalam bentuk liquid dan vaksin Meningokokus Konjugat.

Vaksin Meningokokus Polisakarida berasal dari bakteri Haemophlylus Influenza type B yang ditumbuhkan pada media tertentu, dan kemudian dimurnikan melalui serangkaian tahap ultrafiltrasi.

Vaksin meningokokus polysakarida bisa diberikan kepada anak usia 2 bulan keatas dan akan mampu memberi perlindungan sebesar 90-95 persen. Untuk anak dengan usia di bawah 5 tahun, vaksin ini bisa melindungi 1-3 tahun. Sedangkan untuk dewasa akan melindungi selama 3-5 tahun.

Vaksin polysakarida konjugasi dapat diberikan tersendiri atau dikombinasikan dengan vaksin lain seperi; DPT (tetravalent) atau DPT-HB (pentavalent) atau DPT-HB-IPV (heksavalent), yang merupakan vaksin yang masuk dalam program imunisasi wajib pada bayi dan bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas di seluruh Indonesia.

Simak: Pengadilan Semarang Memvonis Penista Agama 1 Tahun 6 Bulan

Sedangka vaksin mengingokokus konjugat hanya untuk usia 11-55 tahun, merupakan vaksin yang digunakan oleh pemerintah pada program imunisasi meningitis pada calon jamaah haji atau umroh, dan belum tersedia gratis.

Imunisasi HiB diberikan dengan cara disuntikkan dibagian paha bayi. Imunisasi HiB pada bayi diberikan 3 kali pada usia 2,3 dan 4 bulan bersamaan dengan imunisasi DPT-HB. Kemudian imunisasi diulang kembali saat anak berusia 18 bulan.

EDITOR: Iwan S

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...

IFC: Indonesia Diharapkan Jadi Mode Busana Muslim Dunia

BOGOR, SERUJI.CO.ID - National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi menawarkan program konkrit membawa dunia ke Indonesia untuk...